BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PEMBUKAAN MUSDA IX PERTUNI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

PEMBUKAAN MUSDA IX PERTUNI

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Yogyakarta, 16 Februari 2020



-----------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr.Wb

Salam sejahtera bagi kita semua,


Segenap Hadirin, Tamu Undangan dan peserta Musda yang saya hormati.


Pada kesempatan yang membahagiakan dan in syaa Allah penuh berkah ini, saya mengajak hadirin sekalian untuk memanjatkan puja puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kita semua masih diberi kesempatan, kekuatan dan in syaa Allah kesehatan, untuk melanjutkan ibadah kita, karya kita, tugas dan pengabdian kita, kepada masyarakat, bangsa dan negara. Dan hanya atas rdho-Nya pula, pada hari? ini kita masih bisa bersama-sama berkumpul menghadiri rangkaian kegiatan Musyawarah Daerah Persatuan Tunanetra Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (Musda DPD PERTUNI DIY).


Kegiatan Musda seperti ini menjadi agenda penting organisasi selain dalam rangka restrukturisasi dan upaya meningkatkan komunikasi antar anggota, sekaligus sebagai forum evaluasi dan pertanggungjawaban? Pengurus Daerah kolektif? PERTUNI? masa bakti kepengurusan sebelumnya.


PERTUNI mempunyai peran strategis untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu Musda sebagai ajang bagi kaum tunanetra untuk meneguhkan tekad, tetap berkarya dan mandiri, diharapkan dapat menghasilkan pimpinan PERTUNI di tingkat daerah, yang bisa menghasilkan ide, gagasan maupun kebijakan organisasi yang bisa mendorong kinerja selanjutnya.? Untuk itulah saya atas nama Pemerintah DIY, mengapresiasi dilaksanakannya Musda IX PERTUNI DIY ini, bukan saja guna memenuhi AD/ART organisasi dalam suksesi kepengurusan periode selanjutnya, melainkan juga sebagai sarana reorganisasi, revitalisasi dan reorientasi program-program yang lebih aktual dengan kondisi kekinian. Mengingat konsolidasi organisasi secara menyeluruh adalah hal mutlak, untuk merumuskan serta menata seluruh gerak langkah organisasi dalam rangka mewujudnyatakan pengabdiannya dengan senantiasa membawa organisasi ke depan lebih maju.


Hadirin, Peserta Musda dan Tamu Undangan yang berbahagia,


PERTUNI sebagai organisasi kemasyarakatan tunanetra Indonesia didirikan oleh sekelompok tunanetra pada tahun 1966, sebagai wadah pembinaan dan pengembangan yang kokoh, mandiri dan berdaya saing.?Oleh karena itu sebagai organisasi yang mampu menyesuaikan diri dengan semangat dan tantangan kekinian, kiranya harus dimiliki oleh PERTUNI DIY. Dalam kaitan itu maka materi bahasan dalam Musda kali ini hendaknya dapat dikembangkan dengan pemikiran-pemikiran positif sebagai pengayaan bahasan, dimana hasilnya dapat sebagai masukan-masukan, baik bagi Pemerintah Daerah maupun bagi PERTUNI sendiri.


Saya berharap, regenerasi di tubuh PERTUNI DIY pada Musda ini tentu saja harus memenuhi aspek yang dikehendaki oleh semua pihak, seperti kepengurusan yang terdiri dari orang-orang yang bisa melakukan aktualisasi di semua kegiatan. Kepengurusan yang mampu melaksanakan dan membangun kerjasama internal, eksternal dan mampu melakukan revitalisasi organisasi dan mengerti tubuh organisasi, memiliki wawasan intelektual luas dan kapabilitas, sekaligus mampu mengupayakan peningkatan kinerja organisasi,


Singkatnya, kepengurusan yang bakal terpilih bisa didukung semua anggota. Dalam organisasi yang terpenting adalah kerjasama, siapapun yang terpilih hendaknya didukung oleh semua anggota untuk kepentingan organisasi, mampu membesarkan organisasi, mampu? memberikan solusi atas kondisi yang berkembang. Untuk kepentingan PERTUNI di wilayah DIY, maka juga harus dapat semakin berkontribusi dalam memberdayakan serta meningkatkan kapasitas para anggotanya dan mampu berprestasi sekaligus menghasilkan karya-karya yang berkualitas. Berikut jeli melihat peluang sembari meningkatkan daya saingnya. Kalau tidak, maka ketidaksiapan menghadapi era global dan pasar bebas akan mengakibatkan PERTUNI akan menjadi penonton di rumah sendiri.


Hadirin, Peserta Musda yang berbahagia saya hormati,


Demikian beberapa hal yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Pesan saya kepada seluruh anggota Pertama, PERTUNI DIY agar tetap menajalankan program kerjanya secara baik. Buatlah program yang sederhana tetapi nyata,? sehingga programnya bisa bermanfaat bagi para penyandang tunanetra mengembangkan potensi dirinya.


Selamat dan sukses Musda PERTUNI DIY.? Mudah-mudahan PERTUNI DIY semakin berjaya dan bermanfaat bagi anggotanya, Bisa saling membantu serta tetap eksis menunjukkan perannya. Akhir kata, disertai? rasa? syukur? dan? terlebih dahulu memohon ridho-Nya, atas nama kita semua, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Minggu Pahing, tanggal 16 Februari, Musyawarah Daerah Persatuan Tunanetra Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta, secara resmi saya nyatakan dibuka dan dimulai.


Sekian. Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr.Wb.


Yogyakarta, 16 Februari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA






HAMENGKU BUWONO X