BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

INSPEKTUR UPACARA PADA PENERIMAAN KOPRAL TARUNA AAU


Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

INSPEKTUR UPACARA

PADA PENERIMAAN KOPRAL TARUNA AAU

Yogyakarta, 18 Februari 2020


----------------------------------------------------------------------

Assalamu?alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Yang saya hormati Gubernur AAU dan Forkopimda DIY, serta para Kopral Taruna AAU yang saya banggakan.


Segala puja puji dan syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena kita masih dikaruniai nikmat sehat, nikmat kesempatan dan kesejahteraan, sehingga pada hari ini dapat hadir pada acara Penerimaan Kopral Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) di Titik Nol Kilometer Yogyakarta.


AAU berada di Yogyakarta, kota yang tumbuh menjadi salah satu pusat pendidikan, budaya dan pariwisata terkemuka di Indonesia, sekaligus kota unik yang memiliki dua wajah. Di satu sisi adalah simbol tua yang berbalutkan nilai-nilai tradisi leluhur kerajaan Jawa, di sisi lainnya merupakan wajah gemerlap modernitas. Keduanya berjalan beriringan, sehingga para Kopral Taruna AAU yang menempuh pendidikan di kota gudeg ini, seperti sedang menelusuri sebuah lorong waktu.


Di bidang pendidikan, kita mengacu pada konsep pendidikan Jawa, yaitu ngangsu kawruh, nyecep ilmu. Artinya, pendidikan tidak hanya proses pembelajaran semata, namun juga terjadi enkulturasi dan akulturasi budaya. Pendidikan merupakan proses pembudayaan, sekaligus dipandang sebagai alat transformasi budaya.


Pendidikan dan kebudayaan sifatnya saling terkait. Pendidikan merupakan proses pembudayaan, sebaliknya tidak ada proses pendidikan tanpa kebudayaan. Pendidikan yang tidak didasari kebudayaan akan menghasilkan generasi yang tercerabut dari kehidupan. Jadi apalah artinya menguasai ilmu pengetahuan tanpa dibarengi dengan penguasaan karakter.


Begitu pula dengan Sistem Pendidikan di AAU menganut sistem Tri Tunggal Terpadu. Artinya sistem pendidikan yang dilaksanakan meliputi kegiatan pengajaran, jasmani militer dan latihan serta pengasuhan secara terpadu dengan satu tujuan, yaitu menghasilkan perwira berpangkat Letnan Dua yang mempunyai sifat "Tri Sakti Wiratama", yaitu tanggap, tanggon, dan trengginas.


Tanggap berarti berdaya tangkap dan penalaran yang tinggi dengan memiliki potensi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk dapat mengembangkan diri. Tanggon artinya dapat diandalkan, ulet, dan tahan uji dengan memiliki mental yang dilandasi jiwa Pancasila dan UUD 1945, bersemangat juang kebangsaan, berkode etik Sapta Marga, berwatak keprajuritan dan berkepemimpinan TNI. Serta Trengginas artinya tangkas dalam bertindak dan berolah pikir dengan memiliki kesempatan jasmani, daya tahan tinggi dalam menghadapi tugas. Memiliki kepatuhan, kedisiplinan, kuat fisik maupun mental,yang menjadi syarat dalam mendukung pelaksanaan tugas pokoknya.


Para Kopral Taruna AAU yang saya banggakan, dan hadirin sekalian yang saya hormati,

AAU adalah salah satu pencetak calon pemimpin TNI AU, sehingga para Kopral Taruna AAU yang akan menempuh pendidikan di tingkat yang lebih tinggi, bagi saya adalah kebangaan kita semua. Aset bangsa yang jelas memiliki potensi besar untuk berkembang, sehingga perlu secara dini digali kreativitasnya sebagai calon penerus dan pemimpin bangsa yang berkarakter.? Sebagai Kopral Taruna yang kini akan berproses menuju Perwira Remaja, sangat rentan kesalahan dan gangguan bila kurang waspada.? Bahkan tidak menutup kemungkinan akan menjadi kendala serius bagi para Kopral Taruna nantinya dalam menyelesaikan pendidikan di AAU.

Saya pesan, para Kopral Taruna AAU hendaknya nanti bisa memanfaatkan waktu pendidikan yang terus berjalan ini dengan sebaik-baiknya, sekaligus menghindari perbuatan tercela maupun berbagai kegiatan yang dapat berakibat fatal dalam menghambat kelulusan pendidikan. Dengan harapan, para Kopral Taruna anak-anakku semua ini, seluruhnya dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan menjadi perwira yang hebat, tidak hanya menjadi kebanggaan diri sendiri, tetapi juga menjadi kebanggaan orang tua beserta keluarga.


Demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini. Selamat menempuh pendidikan di AAU yang kita banggakan bersama. Belajarlah dengan tekun, dan selamat bereksplorasi menikmati keramahtamahan, serta beragam potensi wisata Yogyakarta yang atraktif.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 18 Februuari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA






HAMENGKU BUWONO X