BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PERWAKILAN ORANG TUA WISUDAWAN/WISUDAWATI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA


Wakil Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan Perwakilan

ORANG TUA WISUDAWAN/WISUDAWATI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

UGM, 19 Februari 2020


----------------------------------------------------------------------

?


Yang kami hormati;

  • Bapak Rektor beserta Wakil Rektor UGM
  • Bapak-bapak Dekan beserta Pembantu Dekan
  • Para Dosen, jajaran pimpinan fakultas dan jurusan/prodi dilingkungan UGM
  • Orangtua/wali para wisudawan beserta tamu undangan yang berbahagia

?


Assalamu?alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.


Perkenalkanlah kami berdiri di sini mewakili para orang tua wisudawan/wisudawati Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk menyampaikan sepatah kata pada hari yang berbahagia ini. Puja Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas anugrahnya acara Wisuda UGM bisa berjalan lancer dan baik.


Hadirin yang kami hormati,


Hari ini adalah sebuah hari yang telah kita nantikan bersama, di mana pada siang hari ini anak-anak kita telah menyelesaikan suatu tugas belajar disebuah jenjang pendidikan tinggi. Dibutuhkan waktu yang tidak singkat dan perjuangan yang luar biasa untuk menghantarkan anak-anak kita sampai pada hari ini. Kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang masih menjaga kita semua dengan segenap impian-impian besar kita tentang masa depan anak-anak kita.


Kita sebagai orang tua, juga patut bersyukur atas ketagaran dan keteguhan yang Allah SWT sematkan pada diri kita, untuk bisa menghantarkan anak-anak kita meraih suatu keinginan yang mulia, menjadi insan yang dapat mencerdaskan bangsa sekaligus bisa berkontribusi di segala lini kehidupan. Atas apa yang dapat diraih anak-anak kita pada hari ini, kita patut berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu semua proses ini. Untuk itu perkenankanlah kami mewakili para orang tua wisudawan/wisudawati berdiri di sini untuk menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh keluarga wisudawan yang telah memberikan dukungan terbesar berupa kepercayaan, dukungan moral dan juga spirit, yang menjadikan anak-anak kita senantiasa ingat, bahwa mereka ada di sini untuk melaksanakan amanah. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan beserta jajaran UGM yang telah membimbing anak-anak kita saat mereka berada di perguruan tinggi ini.


Kepada seluruh wisudawan/wisudawati, kami mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih pada hari ini. Apapun predikat kelulusan kalian, yakinlah bahwa itulah yang terbaik yang dapat kalian capai. Saksikanlah bahwa pada hari ini, tidak hanya rekan-rekan kalian yang dapat tersenyum, tetapi lihatlah orang-orang yang berada di samping kanan dan kiri kalian yang selama ini berjuang dibelakang kalian untuk membiayai kalian telah dapat tersenyum bahagia pula. Karena pada hakikatnya apa yang menjadi kebahagiaan kalian adalah sebuah kebahagiaan yang besar bagi para orang tua kalian.


Kalian patut bersyukur dan bangga telah menyelesaikan salah satu amanah dari orang tua kalian. Senyuman orang tua kalian adalah sebagian kecil dari pada seluruh senyuman yang kalian harapkan. Karena sebagian besar dari bangsa kita pada hari ini masih banyak yang menangis, masih banyak yang bersedih atas berbagai masalah yang mereka hadapi. Maka tugas kalian setelah di wisuda setelah hari ini adalah membuat bangsa ini tersenyum. Tersenyum atas karya dan kontribusi kalian, sehingga tercapailah apa yang mereka harapkan dari kalian sebagai putra-putri terbaik bangsa.


Hari ini bukanlah akhir dari perjuangan kalian. Hari ini bukanlah akhir dari mimpi kalian. Hari ini adalah awal dari perjuangan lain yang telah menanti kalian. Banyak bidang yang harus kalian garap untuk dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. Banyak sekali permasalahan bangsa yang pada hari ini semakin menumpuk, maka kalian akan hadir dan menjadi solusi. Apapun profesi yang akan kalian geluti nantinya, berikanlah sebesar-besarnya kontribusi untuk pekerjaan, tetapi jangan lupa untuk memberikan minimal sedikit senyuman kebanggaan kepada orang-orang di sekitar kalian baik keluarga dan juga masyarakat.


Hari ini adalah tentang masa depan, dimana yang kita bicarakan adalah bukan kalian sebagai penonton masa depan. Tetapi kalian adalah pemain masa depan kita semua. Dengan kerja keras dan tanggungjwab sesuai keilmuwan dan profesi kalian, maka kalian tidak hanya akan menghadapi masa depan, tetapi kalian menjadi masa depan untuk hadir menjawab seluruh persoalan kehidupan.


Pada hari ini di saat beban pemerintah bertambah karena kesulitan dalm menyediakan lapangan pekerjaan, maka tugas kita adalah memenuhi tantangan itu untuk dapat menjadi pihak yang tidak membebani pemerintah, justru membantu pemerintah untuk turut serta menyediakan lapangan pekerjaan. Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan menjadi seorang entrepereneur. Itu adalah tantangan kita ! Lulusan Undip kedepannya diharapkan menjadi pribadi yang memiliki profil COMPLETE. Communicator, Professional, Leader, Thinker Entrepreneur dan Educator.Agar mampu bersaing di semua lini kehidupan.


Hadirin yang kami hormati,


Kami rasa itu yang bisa kami sampaikan mewakili para orang tua wisudawan/wisudawati pada kesempatan ini. Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati. Semoga apa yang menjadi impian kalian tercapai.



Sekian. Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 19 Februuari 2020


WAKIL GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA






PAKU ALAM X