BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

RAPAT KOORDINASI KELOMPOK KERJA PENGARUSUTAMAAN GENDER DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan Pada

RAPAT KOORDINASI KELOMPOK KERJA PENGARUSUTAMAAN GENDER

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Yogyakarta,? 27 Februari 2020


---------------------------------------------------------------------


Assalamu?alaikum? Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Segenap Hadirin dan peserta Rapat Koordinasi yang kami hormati,


Marilah kita senantiasa mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas limpahan rahmat serta karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat hadir dalam keadaan sehat wal'afiat, untuk mengikuti rangkaian acara Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender Daerah Istimewa Yogyakarta (Rakoor Pokja PUG DIY).


Hadirin yang kami hormati,


Kebijakan pemerintah di bidang PUG tidak dapat dipisahkan dari upaya mewujudkan visi kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena pengarusutamaan gender merupakan strategi guna terselenggaranya perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan yang berperspektif gender, sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan.


Dalam konteks itu, maka kami menilai Rakoor Pokja PUG DIY yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta ini sangat penting dan strategis. Penting, karena Rakoor menjadi acuan/pedoman yang dalam pelaksanaan PUG, untuk peningkatan kinerja kelembagaan PUG, sehingga masing-masing POKJA memahami dan saling sinergi untuk menyamakan persepsi khususnya tentang konsep gender dalam pembangunan.


Strategis, karena untuk mewujudkan program kerja di setiap OPD menjadi responsif gender. Salah satunya mengoptimalkan peran Pokja PUG sebagai wadah konsultasi bagi pelaksana dan penggerak PUG dari berbagai OPD. Sekaligus untuk mempercepat pelaksanaan pengarusutamaan gender di daerah istimewa yang kita cintai ini.


Kami juga menyambut baik dilaksanakannya? Rakoor Pokja PUG DIY yang digelar ini, dengan harapan Pokja PUG DIY segera mempunyai rencana aksi untuk pelaksanaan Program Kerja yang responsif gender di lingkungan kerjanya masing-masing. Hal itu mengingat penyusunan anggaran yang responsif gender merupakan rencana aksi yang telah ditetapkan setiap tahunnya untuk terbentuknya Renja PUG, sehingga strategi pengarusutamaan gender benar-benar dapat diimplementasikan dalam rangka mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di seluruh DIY.


Peserta Rakoor dan Hadirin yang kami hormati,


Demikian beberapa hal yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini.? Selamat dan sukses Rakoor Pokja PUG DIY, mudah-mudahan program kerja mampu dihasilkan dalam upayanya menjadi bagian dari langkah bangsa mencapai apa yang menjadi cita-cita mulianya untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dan berkesetaraan gender.


Kami minta, setelah pelaksanaan Rakoor ini, langkah selanjutnya Pokja PUG DIY agar memiliki agenda pertemuan secara periodik, untuk membahas strategi pelaksanaan dan capaian, sekaligus evaluasi terhadap berbagai hambatan dan kekurangan dalam pelaksanaan PUG.


Sekian. Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta,? 27? Februari? 2020


GUBERNUR

DAERAH? ISTIMEWA YOGYAKARTA,





HAMENGKU BUWONO? X