BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

RAPAT AKHIR TAHUN KOPERASI MAHASISWA (KOPMA) UNIVERSITAS GADJAH MADA KE-38

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

RAPAT AKHIR TAHUN

KOPERASI MAHASISWA (KOPMA)

UNIVERSITAS GADJAH MADA

KE-38


Yogyakarta, 3 Februari 2020

?


------------------------------------------------------------------


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.


Yang saya hormati seluruh tamu undangan dan hadirin yang berbahagia,


Marilah kita syukuri segala nikmat Tuhan yang telah diberikan sampai hari ini, sehingga kita masih dapat bertemu dalam suasana sehat dan berbahagia, penuh optimisme, dan dalam nuansa persaudaraan yang semakin memperindah kehidupan kita.

Hadirin sekalian,


Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 33 ayat (1) menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Ketentuan tersebut sesuai dengan prinsip koperasi, yaitu koperasi mendapat misi untuk berperan nyata, dalam menyusun perekonomian berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi yang mengutamakan kemakmuran masyarakat.


Koperasi berasal dari kata co yang berarti bersama dan operare yang berarti bekerja atau berkarya. Unsur dasar pengertian koperasi sudah terlihat dari kata dasarnya itu. Jadi, koperasi berarti kelompok atau perkumpulan orang atau badan yang bersatu dalam cita-cita atas dasar kekeluargaan dan gotong-royong untuk mewujudkan kemakmuran bersama.


Koperasi adalah sokoguru perekonomian Indonesia, dan dapat dipahami bahwa koperasi adalah ?penyangga utama? atau ?tulang punggung? perekonomian. Dengan demikian koperasi diperankan dan difungsikan sebagai pilar utama dalam sistem perekonomian nasional. Keberadaannyapun diharapkan dapat banyak berperan aktif dalam mewujudkan kesejahteraan dana kemakmuran rakyat.


Hadirin sekalian,


Saya mengapresiasi kinerja jajaran kepengurusan atas terselenggarakannya Rapat Anggota Tahunan Koperasi "Kopma UGM" tahun 2019. Saya berharap Koperasi "Kopma UGM" dapat terus menyejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Eksistensi Koperasi "Kopma UGM" diharapkan dapat menambah semangat dalam memperkuat dan menginspirasi koperasi yang ada di wilayah Yogyakarta.


Keberadaan koperasi telah terbukti berperan dalam peningkatan dinamika perekonomian masyarakat. Untuk mewujudkan koperasi yang baik, maka kepercayaan anggota harus dibangun dan dipelihara. Dengan demikian Koperasi "Kopma UGM" sebagai organisasi ekonomi bagi mahasiswa diharapkan menjadi sehat, kuat, mandiri, tangguh, dan terpercaya, serta berkembang melalui peningkatan kerjasama, potensi, dan kemampuan ekonomi anggota dan berperan dalam perekonomian di daerah, nasional, maupun global.


Sukses selalu Kopma UGM. Jadilah koperasi yang mengedepankan kemanusiaan dan kekeluargaan. Tingkatkan kesejahteraan anggota, maka anda akan selalu dipercaya dan berdaya guna. Terima kasih.



Yogyakarta, Januari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X