BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MUSYAWARAH KERJA WILAYAH KE-2 PWNU DIY MASA KHIDMAT 2017-2022

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

MUSYAWARAH KERJA WILAYAH KE-2

PWNU DIY MASA KHIDMAT 2017-2022


Gamping, 8 Februari 2020

?


?

-----------------------------------------------------------------------

?

?


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


Yang Kami hormati Ketua PWNU DIY;Peserta Muskerwil; serta Hadirin yang berbahagia.


Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT., karena atas rahmat dan karunia-Nya Kita dapat hadir dan bersilaturahim, dalam acara Musyawarah Kerja Wilayah Ke-2 PWNU DIY Masa Khidmat 2017-2022.


Sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia, sudah tak terhitung sumbangsih yang teah didharmabaktikan oleh NU kepada negara tercinta ini. Adalah sebuah fakta bahwa warga Nahdatul Ulama (NU), atau kerap disebut kaum sarungan, berjuang keras dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya berhenti sampai di situ, NU juga terlibat aktif dalam mengisi kemerdekaan Indonesia dan berlanjut hingga saat ini.


Dalam bidang dakwah, NU yang menganut paham Ahlussunah waljama'ah menerapkan sebuah pola yang mengambil jalan tengah antara ekstrim aqli (rasionalis) dengan kaum ekstrim naqli (skripturalis). Sumber pemikiran bagi NU tidak hanya al-Qur'an atau sunnah, tetapi juga menggunakan kemampuan akal ditambah dengan realitas empirik.

NU sendiri sangat akrab dengan budaya dan kearifan lokal. Kemampuan untuk bersanding dengan budaya inilah yang sejatinya membuat NU eksis dan berkembang sampai dengan saat ini. Hal ini pula yang menjadikan NU sebagai Ormas Islam terbesar di Indonesia saat ini?dan Insya Allah juga di masa yang akan datang.


Hadirin dan hadirat sekalian,


Tentu kita sangat prihatin dengan berbagai kejadian dan pergolakan yang kerap terjadi di Indonesia. Dalam konteks aktual sekarang ini, jika menengok fakta sosial-politik, dan kemasyarakatan, telah terjadi polarisasi yang tak kunjung henti. Semua ini membuat keterbelahan dan retaknya persaudaraan terasakan begitu nyata. Meski belum sepenuhnya terjadi, ada kekhawatiran soal keIndonesiaan kita dan hilangnya persaudaraan, serta bubarnya Indonesia sebagai rumah bersama.


Besar harapan kita semua agar NU selalu tampil sehat dan bugar, agar senantiasa memiliki daya rekat yang benar-benar dibutuhkan oleh negara ini. NU harus tampil trengginas dalam upaya menyegarkan Pancasila, agar menjadi living ideology. Dalam arti, menjadikan Pancasila sebagai filosofi yang membumi, dengan secara berkelanjutan memberikan makna baru melalui penafsiran kritis sesuai zaman.


Pun dalam menjaga NKRI, NU sebagai jam'yyyah diniyyah ijtima?iyyah (organisasi sosial keagamaan) seperti dipertegas seorang ulama yang telah merumuskan naskah Hubungan Pancasila dan Islam, KH Achmad Siddiq bukan ?penjaga biasa?, melainkan memperkuat dan merajut berbagai elemen bangsa untuk menyadari bahwa cinta tanah air merupakan salah satu upaya aktualisasi nyata keimanan seseorang.


Hadirin dan hadirat sekalian,


Saya mewakili Pemerintah Daerah DIY mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan? Musyawarah Kerja Wilayah Ke-2 PWNU DIY Masa Khidmat 2017-2022 ini. Teriring doa dan harapan, agar muskerwil berjalan lancar dan menghasilkan keputusan-keputusan yang bermanfaat bagi umat dan masyarakat.


Sebelum mengakhiri sambutan ini, ijinkan saya untuk mengucapkan ?Selamat Melaksanakan Muskerwil? kepada PWNU DIY. Insya Allah akan membawa kebaikan bagi kita semua. Demikian kiranya yang dapat Saya sampaikan. Dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya dan mengucap ?Bismillaahirrahmaanirrahiim?, Musyawarah Kerja Wilayah Ke-2 PWNU DIY Masa Khidmat 2017-2022 Saya nyatakan dibuka secara resmi. Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.



Yogyakarta,? 08 Februari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO? X