BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PEMBUKAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BENDAHARA DAERAH TAHUN 2020

Sekretaris Daerah

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sekretaris Daerah


SAMBUTAN


PEMBUKAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BENDAHARA DAERAH TAHUN 2020


Yogyakarta, 10 Februari 2020

?


------------------------------------------------------------------


Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera untuk kita semuanya.


Yang kami hormati Kepala Badan Diklat DIY; Segenap Widyaiswara; Peserta diklat dan seluruh hadirin yang berbahagia.


Puji dan syukur marilah Kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena hanya atas limpahan rahmat serta karunia-Nya, Kita semua dapat hadir pada acara ?Pendidikan Dan Pelatihan Bendahara Daerah Tahun 2020? dalam kondisi sehat dan berbahagia, tanpa kekurangan sesuatu apapun.



Hadirin Sekalian,


Instansi Pemerintah perlu memastikan implementasi anggaran secara efisien, sebagai cerminan terhadap totalitas manajemen sumber daya keuangan. Cash control adalah elemen kunci dalam ekonomi makro dan manajemen anggaran. Dan secara keseluruhan, manajemen anggaran harus dilengkapi dengan sistem yang memadai untuk mengelolanya. Manajemen anggaran tentu memerlukan bendahara sebagai navigator cash control dan cash flow suatu institusi, dalam konteks ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


Sebagai salah satu penyangga utama kinerja OPD, bendahara harus selalu tanggap terhadap upgrade dan update kebijakan manajemen anggaran pemerintah. Dikutip? dari data resmi, dapat diketahui, bahwa dari total 20.956 Bendahara Pengeluaran, hanya 3.835 (18,3%) yang memiliki sertifikat diklat peningkatan kapasitas sebagai Bendahara Pengeluaran, sedangkan sisanya, sejumlah 17.121 Bendahara Pengeluaran (81,7%) belum atau tidak mempunyai sertifikat pendidikan dan pelatihan.





Hadirin Sekalian,


Saya mengapresiasi penyelenggaraan diklat yang dilaksanakan mulai hari ini. Perubahan jaman, perkembangan teknologi, dan semakin majunya sistem harus diantisipasi dengan peningkatan wawasan dan asupan-asupan informasi terkini dalam bidang manajemen keuangan pemerintah. Besar harapan kita semua, bahwa ke depan, seluruh bendaharawan di DIY akan memiliki sertifikat bendahara, demi mendukung capaian implementasi good governance.


Sedikit saran dan masukan, alangkah baiknya apabila diklat bendahara ini juga disisipi materi-materi improvement of work behavior, seperti inovasi, peningkatan motivasi kerja, teamwork dan tema lain sejenis, agar terbentuk budaya kerja modern dan produktif.


Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya berpesan kepada seluruh peserta diklat untuk senantiasa menjaga kesehatan agar dapat mengikuti pendidikan sampai paripurna. Bangun networking, saling ngangsu kawruh, dan berbagi pengalaman, sebagai modal meningkatkan kapasitas saudara sekalian.


Demikian sekiranya yang dapat saya sampaikan. Dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya, dan mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, Pendidikan Dan Pelatihan Bendahara Daerah Tahun 2020, saya nyatakan dibuka secara resmi. Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb


Yogyakarta, 10 Februari 2020


SEKRETARIS DAERAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




Drs. R. KADARMANTA BASKARA AJI