BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MUSYAWARAH DAERAH XII DPP ASOSIASI KONTRAKTOR LISTRIK DAN MEKANIKAL INDONESIA (AKLI) DIY

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan

MUSYAWARAH DAERAH XII

DPP ASOSIASI KONTRAKTOR LISTRIK DAN MEKANIKAL INDONESIA (AKLI)? DIY


Yogyakarta,? 13 FEBRUARI 2020

?


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan


Yang Kami hormati Ketua dan Segenap Anggota AKLI DIY,


Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya Kita dapat hadir dan bersilaturahim, dalam acara Musyawarah Daerah XII DPP Asosiasi Kontraktor Listrik Dan Mekanikal Indonesia (AKLI)? DIY.

Genap sewindu usia Era Revolusi Industri Keempat. Telah terjadi banyak perubahan dan kemajuan, khususnya pada industri manufaktur. Revolusi Industri Keempat menghasilkan "pabrik cerdas" dengan karakter proses kerja cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat.


Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Lewat komputasi awan, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.


AKLI DIY sebagai paraprofesional bidang kelistrikan dan mekanikal tentu merasakan betul efek Revolusi Industri Keempat. Tantangan-tantangan untuk memberikan pelayanan terbaik dengan mengelola ekspektasi pelanggan harus disinergikan dengan tantangan-tantangan teknis seperti stabilitas, kontinuitas, dan kualitas suplai energi primer.


Di sisi lain kita harus selalu peka terhadap perubahan pola konsumsi listrik yang terjadi. Tantangan ini tak hanya menjadi tanggung jawab PT PLN (Persero) saja, tetapi harus disikapi sebagai sebuah kerja bersama antara berbagai pihak, dimana salah satu stakeholder pemerintah di bidang kelistrikan adalah Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia DPD Daerah Istimewa Yogyakarta (AKLI DIY).


Hadirin sekalian yang saya hormati,


Jadikan suara konsumen sebagai pilar perubahan, karena sejatinya konsumen-lah yang terkadang menghembuskan disrupsi. Bisnis ataupun usaha sejatinya adalah tentang rasa. Hal ini disampaikan oleh Teixeira dalam artikelnya ?Disruption Starts with Unhappy Customers, Not Technology?.


Sejatinya, fenomena disrupsi bisa menjadi sebuah peluang bagi produsen. Produsen bisa menjadikan konsumen sebagai tolak ukur? dalam menilai persepsi konsumen atas layanan yang diberikan. Sedikit sentuhan baru dalam bisnis, khususnya customer care dan customer service bisa memberikan warna baru dalam layanan.


Komunikasi bisnis dengan layanan informasi atau aduan konsumen yang mudah, respon yang cepat dan didukung prosedur sederhana dapat menjadi pemicu loyalitas pelanggan. Sebagai contoh, adalah apa? yang dilakukan oleh Airbnb, sebuah perusahaan startup di bisnis rumah singgah. Konsep kedekatan dan keakraban dengan konsumen yang dibangun mampu mengalahkan Four Seasons sebagai inkumben bisnis rumah singgah. Terbukti, investasi Airbnb dalam pengembangan customer care dan customer service dapat meningkatkan value produk.

Hadirin sekalian,


Dalam perjalanannya selama 40 tahun, sudah tentu AKLI DIY menghadapi berbagai tantangan dan telah teruji dalam berbagai situasi, sehingga masih eksis sampai saat ini, sebagai buah atas kinerja dan profesionalitas organisasi.


Selayaknya sebagai sebuah organisasi, AKLI DIY memerlukan penyegaran organisasional melalui forum permusyawaratan. Musyawarah Daerah AKLI DIY, sebagai mekanisme penyusunan rencana kerja dan kaderisasi organisasi, diharapkan melahirkan tim pengurus baru yang peka terhadap perubahan global, khususnya terhadap fenomena Revolusi Industri Keempat dan memahami ekspektasi konsumen.


Di masa depan, AKLI DIY? harus bisa berperan aktif dalam urun rembug pengelolaan listrik di DIY.? Tak hanya sebagai sebuah komunitas bisnis, AKLI DIY juga diharapkan dapat berbuat lebih banyak dalam mendukung pengembangan daerah melalui rencana strategis dan inovasi-inovasi yang dihasilkan dalam Musda XII AKLI DIY tahun 2020.

Demikian yang dapat Saya sampaikan dalam kesempatan ini.? Selamat melaksanakan Musda! Dan dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya serta? mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, Musyawarah Daerah XII DPP Asosiasi Kontraktor Listrik Dan Mekanikal Indonesia (AKLI)? DIY Tahun 2020, Saya nyatakan dibuka secara resmi. Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.

Shalom

Om shanti, shanti, shanti.. oom....

Namaste

Salam Keimanan


Yogyakarta,? 13 Februari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO? X