BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

GERAKAN SARAPAN SEHAT SETIAP HARI DENGAN ENERGEN

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta

?


Sambutan

GERAKAN SARAPAN SEHAT SETIAP HARI DENGAN ENERGEN


Yogyakarta, 16 Februari 2020

?


---------------------------------------------------------------------

?


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang saya hormati tamu undangan dan hadirin sekalian,


Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan? karunia-Nya Kita dapat hadir dan bersilaturahim? di acara ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan sesuatu apapun.


?

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Sarapan, sebuah istilah yang sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Mudah diucapkan, mudah diiyakan, tetapi terkadang sangat sulit untuk dilakukan. Faktanya, sarapan adalah aktivitas yang harus dilakukan untuk mengawali hari, tidak hanya sekedar sarapan namun harus memenuhi 25% sumber energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas sepanjang hari.


Sarapan merupakan bagian gaya hidup sehat yang sebaiknya tidak dilewatkan. Sarapan sangat penting dilakukan, karena faktanya setiap aktivitas fisik dan berpikir, tubuh membutuhkan energi. Bahkan saat kita tertidur, organ tubuh tetap bekerja. Organ-organ tubuh seperti jantung, otak, pankreas dan sistem pencernaan tetap bekerja menjalankan fungsi-fungsinya. Organ-organ tersebut tetap membutuhkan asupan energi rata-rata 30?35 kkall/kgbb sehingga butuh asupan gizi saat bangun. Itulah yang menyebabkan mengapa saat di pagi hari kita kerap merasa lemas dan tidak berenergi.


Bagi siswa sekolah, sarapan mempunyai pengaruh positif terhadap proses pembelajaran di sekolah, meliputi kinerja kognitif dan berdampak pada prestasi di sekolah. Kinerja kognitif ini terutama dalam hal daya ingat dan kemampuan memperhatikan pelajaran di sekolah. Begitu pentingnya sarapan, namun sayangnya masih banyak anak usia sekolah yang melewatkan sarapan.


Anak yang tidak sarapan akan cenderung lamban dalam beraktivitas dan memiliki tingkat konsentrasi yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa sarapan untuk anak terutama ketika anak masih sekolah adalah hal yang sangat penting.



Hadirin sekalian yang saya hormati,


Pemerintah Daerah DIY mengapresiasi dan mendukung Gerakan Sarapan Sehat Setiap Hari yang dicanangkan pagi ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Torabika Eka Semesta selaku pemilik brand ENERGEN, atas inisiatif gerakan ini, tentu dalam upaya mewujudkan masyarakat sehat dan berprestasi.


Kepada bapak dan ibu, kami berharap Anda dapat menjadi contoh dalam memasyarakatkan gerakan sarapan sehat.? Selain berfungsi untuk menjaga stamina dan kekuatan tubuh, sarapan bersama dapat menjadi sarana meningkatkan kebersamaan dan keharmonisan keluarga. Mari wujudkan keluarga sehat dan sejahtera, lahir dan batin.


Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini. Semoga Gerakan Sarapan Sehat Setiap Hari dapat menjadi kick-off yang menyadarkan arti penting sarapan, dalam upaya membangun masyarakat sehat di DIY. Semoga upaya terbaik kita selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa. Aamin.


Terima kasih

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta,? 16 Februari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X