BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

KEYNOTE SPEECH KONVENSI NASIONAL DANONE LEADERS DAY 2020

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


KEYNOTE SPEECH


KONVENSI NASIONAL

DANONE LEADERS DAY 2020


Yogyakarta,? 18 Februari? 2020

?


-----------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,


Yang saya hormati tamu undangan dan hadirin sekalian,


Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya Kita dapat hadir di acara ini dalam keadaan sehat berbahagia dan tanpa kekurangan sesuatu apapun.


Tak lupa saya ucapkan ?Selamat Datang di Yogyakarta!? Yogyakarta telah tumbuh menjadi salah satu pusat pendidikan, budaya dan pariwisata terkemuka di Indonesia. Yogyakarta juga dikenal sebagai kota cyber, kota toleransi, sekaligus kota unik yang memiliki dua wajah. Di satu sisi adalah simbol tua yang berbalutkan nilai-nilai tradisi leluhur kerajaan Jawa, dan di sisi lainnya merupakan wajah gemerlap modernitas.


Dari berbagai informasi yang saya dapatkan, tak salah apabila saya menyebutkan bahwa Danone adalah salah satu market leader dalam bisnis air minum dalam kemasan, minuman non karbonasi, dan specialized nutrition. Salah satu pabrik entitas Danone, yaitu PT Sarihusada Generasi Mahardhika, berada di Yogyakarta.


Atas eksistensi teresebut, saya? mewakili Pemerintah Daerah dan masyarakat DIY, mengucapkan terima kasih atas segala sumbangsih yang telah diberikan. Besar harapan saya, Danone meningkatkan investasinya di Yogyakarta. Saya tunggu kabar baik investasi-investasi Danone di Yogyakarta di masa mendatang.


Tak hanya mengembangkan sektor bisnis, Danone juga memiliki komitmen terhadap pelestarian lingkungan, dan patut kita dukung bersama.? Hal ini dibuktikan dengan signature vision, yaitu One Planet One Health, yang menyatakan keselarasan kesehatan manusia dan juga alamnya. Hal ini selaras dengan salah satu ajaran utama Sultan Agung, seorang raja besar Mataram, menciptakan konsep keselarasan yang terdiri atas 3 pedoman yang disebut Tri Prasetya, yang terdiri atas Mamayu Hayuning Bawana, Mangasah Mingising Budi, dan Mamasuh Malaning Bumi.

?

Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, falsafah Mamasuh Malaning Bumi sangat relevan untuk diimplementasikan. Mamasuh malaning bumi, merupakan sikap pro aktif dalam menjaga harmoni antar elemen di bumi, sehingga dapat menciptakan keserasian dan keseimbangan alam, hingga pada akhirnya alam akan memberikan apa yang dimilikinya sebagai sumber penghidupan manusia.

?

?

Hadirin sekalian,

?

Tentu besar harapan kita semua, bahwa even Konvensi Nasional Danone dengan tema ?Bringing Goodness Leading Growth? yang diselenggarakan saat ini dapat melahirkan karyawan-karyawan yang memiliki DNA perubahan. Perubahan ke arah kebaikan dapat mendukung pembangunan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

?

Jadikan acara ini sebagai ajang saling belajar, saling berbagi informasi dan menjadi sarana diskusi yang konstruktif.? Semoga pasca acara ini, peserta yang hadir dapat semakin memahami strategi perusahaan, diiringi naiknya komitmen dan loyalitas atas nama peningkatan kualitas produk dan profesionalisme. Perlu diingat, periode VUCA (Volatility, Uncertainity, Complexity, dan Ambiguity) belumlah usai. Saat ini, perusahaan dituntut belajar menanggapi dan mengelola perubahan dengan lebih efektif. Perusahaan harus menerapkan respons yang proaktif dalam mengatasi perubahan dalam lingkungan disruptif, dengan karyawan sebagai ujung tombak alias leader-nya.


Hadirin sekalian yang saya hormati,


Demikian yang dapat saya sampaikan di kesempatan yang baik ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi dan meridhoi upaya kita semua. Selamat melaksanakan konvensi dan menikmati Yogyakarta. Terima kasih atas perhatiannya.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.

Yogyakarta, 18 Januari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



HAMENGKU BUWONO X