BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PEMBUKAAN GELAR SENI DESA/KELURAHAN BUDAYA SELASA WAGEN

Sekretaris Daerah

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sekretaris Daerah


SAMBUTAN PEMBUKAAN


GELAR SENI DESA/KELURAHAN BUDAYA

SELASA WAGEN


Yogyakarta, 18 Februari 2020

?


------------------------------------------------------------------


Assalamualaikum wr. wb.

Salam sejahtera untuk kita semuanya.


Yang kami hormati Kepala Dinas Kebudayaan DIY; Kepala Dinas Koperasi/UMKM DIY; Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY; Peserta Gelar Seni; Tamu Undangan dan hadirin yang berbahagia.




Puji dan syukur marilah Kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena hanya atas limpahan rahmat serta karunia-Nya, Kita semua dapat hadir pada acara ?GELAR SENI DESA/KELURAHAN BUDAYA SELASA WAGEN? dalam kondisi sehat, tanpa kekurangan sesuatu apapun.



Hadirin Sekalian,


Perlu kita pahami bersama, Keistimewaan DIY diteguhkan dengan Undang-Undang ? Nomor ? 13 ? Tahun ? 2012 ? tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Regulasi ini menjadi modal utama dalam upaya merefleksikan pengelolaan dan pembangunan budaya yang berada di wilayah DIY sekaligus menempatkan budaya dalam framework yang lebih luas.


Dalam upaya mulya mewujudkan Jogja yang berbudaya dan upaya nguri-uri kabudayan, maka diterbitkanlah kebijakan pengelolaan kebudayaan melalui Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pemeliharaan Dan Pengembangan Kebudayaan.


Dalam Perda DIY Nomor 3 Tahun 2017 dijelaskan bahwa Objek Kebudayaan adalah hasil cipta, rasa, karsa, dan karya masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. Strategi pengelolaan budaya dikerucutkan menjadi 6 (enam) langkah utama, yaitu Pemeliharaan; Pengembangan; Perlindungan; Penguatan; Pemanfaatan dan Pembinaan Kebudayaan.


Hadirin sekalian,


Dimulai hari ini, rangkaian acara Gelar Seni Desa/Kelurahan Budaya ?Selasa Wagen? akan menampilkan potensi-potensi unggulan setiap hari? Selasa Wage, mulai dari bulan Februari sampai dengan bulan Oktober 2020. Sebanyak 56 Desa/Kelurahan Budaya akan menyajikan potensi kesenian, kerajinan dan kuliner unggulan masing-masing. Kegiatan ini merupakan kerja kolaboratif antara Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Koperasi/UMKM DIY, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY. Mari kita dukung dan kita sukseskan acara ini, sebagai pengejawantahan nguri-uri kabudayan tumuju gapuraning karaharjan.


Perlu saya sampaikan, budaya memiliki dimensi yang sangat luas. Olah budaya di DIY dilaksanakan dalam upaya pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tentu dengan menyuntikkan ruh-ruh dinamisator sesuai perkembangan jaman. Saya mengapresiasi upaya Dinas Kebudayaan DIY sebagai leading sector,? dan mengucapkan terima kasih kepada peserta kegiatan yang telah berpartisipasi dalam acara ini.


Demikian sekiranya yang dapat saya sampaikan. Dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya dan mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, Gelar Seni Desa/Kelurahan Budaya Selasa Wagen, saya nyatakan dibuka secara resmi. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan rahmat-Nya kepada kita sekalian.


Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.



Yogyakarta, 18 Februari 2020


SEKRETARIS DAERAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




Drs. R. KADARMANTA BASKARA AJI