BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENINGKATAN KAPASITAS SDM KUMKM

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta

gbe/n/dErhIsTi[mw[yogk/t


Sambutan

PENINGKATAN KAPASITAS SDM KUMKM

?


Sleman,? 20 Februari 2020

?


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamualaikum Wr.Wb..

Salam sejahtera untuk kita semuanya.

Yang saya hormati,

  • Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI
  • Bupati Sleman dan Segenap Jajaran
  • Peserta pelatihan;Tamu undangan dan hadirin sekalian.


Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena hanya atas limpahan rahmat serta karunia-Nya, kita semua dapat hadir di acara PENINGKATAN KAPASITAS SDM KUMKM dalam keadaan sehat wal?afiat.

Revolusi industri saat ini memasuki fase keempat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan manusia. Revolusi industri generasi empat telah mengubah hidup dan kerja manusia secara fundamental.


Berbeda dengan revolusi industri sebelumnya, revolusi industri generasi empat ini memiliki skala, ruang lingkup dan kompleksitas yang lebih luas. Kemajuan teknologi baru yang mengintegrasikan dunia fisik, digital dan biologis telah mempengaruhi semua disiplin ilmu, ekonomi, industri dan pemerintah.


Begitu pula halnya dengan UMKM di DIY, dengan adanya revolusi industri keempat ini memang perlu perubahan mental dan sikap dari para pelaku bisnis UMKM mengikuti alur zaman yang sudah menggunakan teknologi digital. Untuk itu, pelaku bisnis UMKM harus dibekali dengan pelatihan agar bisa mengikuti dan memanfaatkan perkembangan informasi maupun teknologi terkini bagi perkembangan pelaku bisnis UMKM di DIY maupun secara nasional jika tidak ingin tertinggal.


Hadirin sekalian yang saya hormati,


Mewakili Pemerintah Daerah DIY, saya mengucapkan apresiasi dan mendukung pelaksanaan acara ini. Kita semua menyadari bahwa persaingan perdagangan global salah satunya ditentukan pada keunggulan produk yang dihasilkan. Dalam konteks pengembangan keunggulan tersebut, maka pemerintah mulai mengembangkan konsep produk lokal unggulan. Proses ini dilakukan dengan mengidentifikasi produk unggulan terutama yang berasal dari sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai proses pengembangan sumber daya lokal dan optimalisasi atas potensi ekonomi daerah.


Sebagai suatu strategi perdagangan, pengembangan produk lokal unggulan dinilai mempunyai kelebihan, karena suatu daerah yang menerapkan pola ini relatif ? lebih mandiri dalam pengembangan ekonominya. Pengembangan produk unggulan dan pengembangan UMKM dapat merupakan strategi yang efektif dalam pengembangan perekonomian daerah. Terlebih lagi pada daerah yang tertinggal atau mempunyai ketimpangan ekonomi terhadap daerah/wilayah lainnya.


Selain itu, setiap daerah juga memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Potensi tersebut sangat beragam mulai dari perkembangan pariwisata, pertanian hingga industri, yang bahkan bisa berorientasi untuk ekspor. Dengan demikian, maka masa depan Indonesia ada di daerah dan pemerintah beserta pemangku kepentingan lainnya harus menyadari dan mempraktekkan pentingnya kebijakan daerah yang bersifat business friendly.


Hadirin sekalian,


Semoga pelatihan terpadu ini dapat membentuk ekosistem UMKM yang kuat dan berkelanjutan. Besar harapan kita bahwa alumni peserta pelatihan akan terus dipantau, dibimbing dan berkembang atas bimbingan OPD-OPD terkait.


Demikian beberapa hal yang dapat Saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua.


Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Sleman, 20 Februari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X