BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PERESMIAN RUANG MEMORABILIA AKADEMI MILITER JOGJA

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta

gbe/n/dErhIsTi[mw[yogk/t


Sambutan

?


PERESMIAN RUANG MEMORABILIA

AKADEMI MILITER JOGJA


Yogyakarta, 22 Februari 2020

?


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamualaikum wr. wb.

?

  • Yang saya hormati Ketua, Pengurus dan Anggota Ikatan Keluarga Akademi Militer Jogja
  • Tamu undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia.


Marilah kita tak lupa memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hanya atas limpahan rahmat-Nya, kita semua dapat hadir di tempat ini dalam keadaan sehat dan berbahagia, tanpa kekurangan sesuatu apapun.



Hadirin Sekalian,



?Study the past if you would define the future? (Confucius)



Sungguh tepat apa yang apa yang disampaikan oleh Confucius, atau lebih dikenal sebagai Konghucu, seorang guru yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok. Sejarah memang tak harus hanya dikenang, diagungkan, direnungi, tetapi menjadi sebuah refleksi, Sejarah, tak lain adalah guru kita sendiri. Sejarah lekat dengan pengalaman hidup seseorang, institusi, atau bahkan negara dan peradaban sekalipun. Dan memang??pengalaman adalah guru yang terbaik bagi siapapun yang ingin hidup menjadi sejatinya manusia.


Tanggal 31 Oktober 1945 menjadi awal sejarah berdirinya Akademi Militer, dengan nama Militaire Academie. Pendirian Akmil dilaksanakan atas perintah Kepala Staf Umum Tentara Keamanan Rakyat, Letnan Jenderal TNI Oerip Soemohardjo. Pada tahun 1950, MA Yogyakarta setelah meluluskan dua angkata. Karena alasan tehnis, Akademi Militer di Yogyakarta ditutup untuk sementara, dan taruna angkatan ketiga menyelesaikan pendidikannya di KMA Breda, Nederland.

Setelah melalui berbagai proses, maka pada tanggal 11 Nopember 1957 pukul 11.00, Presiden RI, Ir Soekarno selaku Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI, meresmikan pembukaan kembali Akademi Militer Nasional yang berkedudukan di Magelang. Akademi Militer ini merupakan kelanjutan dari MA Yogyakarta dan taruna yang masuk pada tahun 1957 ini dinyatakan sebagai Taruna angkatan ke-4.



Hadirin Sekalian,


Apabila kita menyimak perjalanan hidup Akademi Militer, jelas sudah, bahwasanya Yogyakarta telah menorehkan tinta sejarah, sebagai sebuah tempat dimana embrio sekolah militer bagi taruna ini dimulai. Pantas kiranya, bahwa pada hari ini, kita semua hadir disini untuk meresmikan sebuah space yang menjadi refleksi mozaik sejarah AKMIL.


Tentu kita berharap bahwa Ruang Memorabilia Akademi Militer Jogja akan menjadi sebuah ruangan yang? informatif, historis dan edukatif. Ruang ini diharapkan mampu menjadi garda sejarah perjuangan bangsa, dalam rangka merevival kembali jiwa kebangsaan dan nasionalisme kita, yang diindikasikan menurun dan luntur tertelan peradaban jaman.


Pemerintah Daerah DIY mengapresiasi pendirian Ruang Memorabilia ini. Ruang Memorabilia memiliki peran strategis dalam berbagai bidang dan akan semakin meneguhkan Yogyakarta sebagai ikon sejarah, ikon perjuangan, ikon pariwisata, sekaligus ikon pendidikan di Indonesia.


Demikian yang dapat Saya sampaikan. Sekali lagi, saya ucapkan SELAMAT atas peresmian memorabilia ini. Teriring doa dan harapan, semoga Ruang Memorabilia Akademi Militer Jogja dapat bermanfaat bagi AKMIL dan seluruh warga masyarakat. Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb


Yogyakarta, 22 Februari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X