BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

RAPAT KOORDINASI KOMITE NASIONAL UNTUK RAKYAT PALESTINA TAHUN 2020

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta

?


Sambutan

?


RAPAT KOORDINASI

KOMITE NASIONAL UNTUK RAKYAT PALESTINA TAHUN 2020


Yogyakarta, 21 Februari 2020

?


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamualaikum wr. wb.


Yang saya hormati Pengurus KNRP dan peserta Rakornas,


Puji dan syukur marilah Kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena hanya atas limpahan rahmat serta karunia-Nya, Kita semua dapat hadir di tempat ini dalam keadaan sehat dan berbahagia, tanpa kekurangan sesuatu apapun.


Saya ucapkan ?Selamat Datang di Yogyakarta!?? Yogyakarta telah tumbuh menjadi salah satu pusat pendidikan, budaya dan pariwisata terkemuka di Indonesia. Yogyakarta juga dikenal sebagai kota cyber, kota toleransi, sekaligus kota unik yang memiliki dua wajah. Di satu sisi adalah simbol tua yang berbalutkan nilai-nilai tradisi leluhur kerajaan Jawa, dan di sisi lainnya merupakan wajah gemerlap modernitas.



Hadirin sekalian,


Anda tidak harus kehilangan iman dalam kemanusiaan. Kemanusiaan adalah samudera;

jika memang ada beberapa tetes kotoran di lautan, tidak berarti seluruh lautan menjadi kotor.


(Mahatma Gandhi)



Itulah gambaran kemanusiaan yang sesungguhnya, dimana kita tidak bisa memukul rata terhadap kondisi permukaan, dan harus menelaah dengan bijak dan mendalam, sampai dimana peran kita dalam berkontribusi dalam kemanusiaan.


Indonesia sebagai sebuah negara telah berkomitmen untuk berkontribusi bagi upaya penyelesaian masalah Palestina. Presiden Joko Widodo membahas isu krisis kemanusiaan Palestina dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Ant?nio Guterres, saat pertemuan bilateral keduanya selepas sesi Pleno KTT ke-35 ASEAN.


Dalam kesempatan itu, Kepala Negara menyampaikan pandangan terkait situasi terkini terhadap dua isu tersebut dan menyampaikan bahwa seluruh pihak tetap harus menjaga asa bagi penyelesaian krisis, karena dua-duanya pada akhirnya menyangkut masalah kemanusiaan. Tentu kita disini pun sepakat, bahwa urusan kemanusiaan harus didahulukan, karena menyangkut keberlangsungan peradaban di bumi ini.



Bapak Ibu sekalian,


Sebagai orang tua, memberi pemahaman terhadap anak tentang rasa kemanusiaan, solidaritas terhadap yang tertindas, adalah sebuah kewajiban. Sebab hal itu, bisa saja terjadi pada siapa pun, di mana pun. Semakin cepat anak belajar soal empati, maka ketika dewasa, tidak akan sulit bagi mereka untuk melaksanakannya. Selain itu, mereka juga akan tumbuh jadi anak berani berpendapat dan bersuara terhadap ketidakadilan.


Sekali lagi, ini adalah tentang kemanusiaan, tentang bagaimana memberikan empati terhadap manusia lain yang menjadi korban konflik atau bencana, tanpa memandang latar belakang agama, sosial ekonomi, maupun atribut lainnya. Karena.....sejatinya semua manusia adalah sama, tak dapat hidup sendiri, dan pasti memerlulan manusia lainnya.


Demikian yang dapat saya sampaikan di kesempatan yang baik ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi dan meridhoi upaya kita semua. Selamat melaksanakan rakornas, mari wujudkan dunia yang damai, sejahtera dan berperikemanusiaan dan berperikeadilan. Terima kasih atas perhatiannya.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb


Yogyakarta, 21 Februari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X