BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

FORUM SHARING TEKNOLOGI PRODUCTION & OPERATION (FST PO)

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta

?

?

?

?

?

Sambutan


FORUM SHARING TEKNOLOGI

PRODUCTION & OPERATION (FST PO)

DENGAN TEMA

PRODUCTION & OPERATION BIG MOVES TO BREAK THE LIMIT


Yogyakarta, 26 Februari 2020

?


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua.


Yang saya hormati:

?

  • Presiden Direktur Pertamina EP
  • Segenap narasumber
  • Peserta kegiatan sharing teknologi
  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.



Sungguh menjadi kebanggaan bagi Yogyakarta, karena dipercaya sebagai venue acara Forum Sharing Teknologi tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Pertamina EP.? Saya ucapkan Terima Kasih dan Selamat Datang di Yogyakarta!


Yogyakarta telah tumbuh menjadi pusat pendidikan, budaya dan pariwisata terkemuka di Indonesia. Dikenal pula sebagai kota cyber, kota toleransi, sekaligus kota unik yang memiliki dua simbol peradaban, dimana masing-masing simbol memperkuat satu sama lain. Di satu sisi adalah simbol tua yang berbalutkan nilai tradisi luhur Jawa, dan di sisi lainnya merupakan wajah gemerlap modernitas.


Hadirin Sekalian,

Revolusi industri saat ini telah memasuki fase keempat. Tentunya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat memberikan dampak besar terhadap kehidupan manusia. Revolusi industri generasi empat telah mengubah hidup dan pola kerja manusia secara fundamental.

Saat ini, Revolusi Industri Keempat telah membuktikan hegemoninya. Bisa dibilang, disrupsi tak ingkar janji! Geliat proses produksi dan bisnis mengalami perubahan signifikan. Era automasi, mekanisasi, dan elektronifikasi terbukti mampu merubah peradaban, dari peradaban manual-offline menuju digital-online, dan peralihan peran dari tenaga manusia menuju era robotik dan kecerdasan buatan.

Perusahaan, dalam hal ini Pertamina EP, tentu harus melakukan proses adaptasi, dan harus menggebrak dengan tradisi-tradisi positif seperti inovasi dan optimalisasi penggunaan teknologi. Tidak bisa tidak, Pertamina EP wajib melakukan gerakan besar, masive, dan terencana, untuk mendobrak batasan-batasan yang selama ini ditemui, mulai dari proses hulu sampai hilir, demi sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat dan bangsa.


Hadirin sekalian yang saya hormati,


Saya mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan Forum Sharing Teknologi Production & Operation, dengan tema Production & Operation Big Moves To Break The Limit tahun 2020. Tema ini menunjukkan semangat satu kata dan satu perbuatan di seluruh lini Pertamina EP, selaras dengan spirit revitalisasi yang dilaksanakan tim manajerial. Bisa dibilang, ini adalah upaya bersama seluruh komponen yang ada untuk membentuk culture of excellence di tubuh Pertamina. Saya optimis, bahwa Pertamina EP akan mampu mendobrak segala keterbatasan, dengan bertransformasi menjadi learning organization, bergeser dari red ocean ke blue ocean strategy, serta didukung proses knowledge transfer yang tepat guna dan berdaya guna.

Tak lupa saya sampaikan, Pertamina EP harus mampu membangun budaya organisasi kerja dalam balutan profesionalisme dan loyalitas. Nilai-nilai Pertamina yang dikenal dengan heksalogi 6C, yang terdiri atas Clean, Competitive, Confident, Customer Focus, Commercial dan Capable harus menjadi jiwa yang menghidupkan dan menginspirasi.? Saya percaya bahwa kombinasi antara teknologi dan profesionalisme dapat membawa Pertamina sejajar dengan SINOPEC, Royal Dutch Shell, Saudi Aramco dan perusahaan internasional lainnya.

Demikian sekiranya yang dapat saya sampaikan. Semoga Pertamina EP dapat merealisasikan cita-cita mulyanya, yaitu sebagai lokomotif perekonomian bangsa yang bergerak di bidang energi, meliputi minyak, gas serta energi baru dan terbarukan. Kepada seluruh peserta, saya ucapkan selamat berbagi pengalaman, selamat belajar dan selamat menikmati Yogyakarta. Terima kasih. Wassalamu?alaikum Wr. Wb


Yogyakarta, 26 Februari 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X