BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PENTAS SENI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERBUDAYA TAHUN 2020

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan Pembukaan


PENTAS SENI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERBUDAYA TAHUN 2020

?


Yogyakarta, 12 Maret 2020

?


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Hadirin dan Tamu Undangan sekalian yang saya hormati;


Anak-anakku peserta Pentas Seni yang saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita masih diberikan kesempatan untuk hadir dan berkumpul guna mengikuti serta menyaksikanPentas Seni Anak Berkebutuhan Khusus Berbudaya Tahun 2020 dalam keadaan sehat wal?afiat.


Selanjutnya, atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, saya menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada SLB Negeri 1 Bantul atas penyelenggaraan pentas seni ini. Besar harapan melalui kegiatan pentas seni ini nantinya kita semua mampu memberikan edukasi kepada orangtua dan seluruh masyarakat dalam memberikan motivasi serta dukungan kepada anak-anak berkebutuhan khusus untuk dapat menjalankan kehidupan sehari-hari secara mandiri, serta mewadahi kreatifitas dan menjadi wahana edukasi dini.


Hadirin dan Tamu Undangan sekalian,


Pada hari ini, kita semua menyaksikan dan memberikan kesempatan yang sama kepada anak-anak berkebutuhan khusus untu menampilkan kemampuan dan hasil karya mereka. Telah banyak individu atau anak-anak berkebutuhan khusus meski mengalami keterbatasan, ternyata mampu membuktikan diri.


Sebut saja, Samuel Santoso mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai pelukis dengan Sindrom Down pertama yang menggelar pameran lukisan tunggal. Kemudian ada, Michael Rosihan Yacub berhasil meraih rekor MURI sebagai pemain golf termuda dengan Sindrom Down yang bertanding melawan para pegolf pada umumnya.

Selanjutnya ada Stephanie Handojo yang berhasil memecahkan rekor MURI sebagai pemain piano yang mampu membawakan 23 lagu berturut-turut dalam sebuah acara musik di Semarang. Ia juga mendapat penghargaan juara I renang gaya dada 50 meter di Pekan Olahraga Nasional Special OlympicIndonesia 2010, dan gaya dada 50 meter SpecialOlympics World Summer Games 2011 Athena. Dan banyak individu atau anak-anak berkebutuhan khusus lainnya yang berprestasi dan membuktikan diri yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.


Hadirin sekalian,


Pemerintah selalu berupaya memberi kesempatan pada individu atau anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengoptimalkan diri, salah satunya melalui pengesahan Undang-Undang Penyandang Disabilitas. Namun, untuk implementasinya, ada banyak tantangan yang dihadapi.


Melalui Pentas Seni Anak Berkebutuhan Khusus Berbudaya Tahun 2020 kali ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengajak keluarga dan masyarakat menghapus stigma negatif dan perilaku diskriminasi terhadap anak-anak berkebutuhan khusus, serta memberi kesempatan mereka untuk berperan ditengah masyarakat.


Melalui fungsinya masing-masing, para stakeholder terkait harus selalu mendorong Pemerintah, untuk menyesuaikan kurikulum keterampilan vokasional pendidikan luar biasa dengan perkembangan jaman.Selain itu, diperlukan peningkatan kuantitas dan kualitas sekolah yang tepat bagi anak-anak berkebutuhan khusus, serta mendorong sekolah-sekolah supaya aktif membina kerjasama dengan mitra terkait untuk bekerjasama dengan orang tua supaya bisa memberikan dukungan penuh kepada anak-anak berkebutuhan khusus.


Akhir kata, dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya dan mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, Pentas Seni Anak Berkebutuhan Khusus Berbudaya Tahun 2020,saya nyatakan dibuka secara resmi. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua. Amien.


Sekian dan terima kasih.


Yogyakarta, 12Maret 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA






HAMENGKU BUWONO X