BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PUNCAK ACARA PERINGATAN HARI KESATUAN GERAK PKK KE-48 TAHUN 2020

Gubernur

Daerah Istimewa Yogyakarta


Sambutan Pada


PUNCAK ACARA PERINGATAN

HARI KESATUAN GERAK PKK KE-48

TAHUN 2020

?


Yogyakarta, 18 Maret 2020

?


-----------------------------------------------------------------------

?


Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua.


Yang saya hormati Ketua Tim Penggerak PKK DIY, beserta Jajaran Pengurus PKK dalam semua jenjang se-DIY;


Tamu Undangan, Hadirin dan para KaderPenggerak PKK yang saya banggakan,


Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas berkah serta rahmat-Nya sehingga kita dapat hadir dalam Puncak Acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-48 Tahun 2020 pada hari ini. Dalam setiap kita memperingati momentum penting dalam perjalanan sejarah PKK, adalah tepat saatnya untuk melakukan introspeksi diri seberapa jauh PKK telah melangkah serta sesuai nama yang disandangnya seberapa besar manfaat kehadiran dan perannya dalam tugas pemberdayaan keluarga dan masyarakat, berikut peningkatan kesejahteraannya.


Hadirin dan Tamu Undangan sekalian,


Saya menyambut gembira penyelenggaraan Puncak Acara Hari Kesatuan Gerak PKK ini, karena merupakan momentum napak tilas sejarah pengabdian PKK selama 48 tahun ini. Sampai dengan usianya kini, terbukti PKK merupakan gerakan nasional yang tumbuh, dari, oleh dan untuk masyarakat, dengan kaum perempuan sebagai motor penggeraknya.


Sejak hari ini dan selanjutnya diharapkan agar PKK dapat menunjukkan bukti nyata, bahwa PKK memang aspiratif dan adaptif terhadap situasi lokal. Hal ini menunjukkan pula, bahwa PKK mempunyai visi dan misijauh ke depan, antisipatif dan sekaligus aspiratif terhadap dinamika perubahan.


Saya berharap, hendaklah dijadikan pertimbangan yang utama dan pertama dalam setiap gerak PKK, bahwa berfungsinya keluarga dengan baik merupakan keharusan bagi kelangsungan suatu masyarakat. Karena dalam keluargalah generasi baru memperoleh nilai-nilai dan norma-norma yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Dengan kata lain, hanya melalui keluargalah masyarakat dapat memperoleh dukungan yang diperlukan. Sebaliknya, keluarga hanya dapat bertahan, jika didukung oleh masyarakat luas. Dengan demikian, keluarga dan masyarakat harus saling mendukung dalam banyak hal, dimana PKK dapat melakukan peran sentralnya.


Hadirin yang saya hormati,


Dalam menghadapi tantangan dan peluang terhadap kiprah dan krida PKK pada masa mendatang, sudah sewajarnya jika PKK dapat secara obyektif mengadakan penilaian yang menyeluruh untuk mencermati berbagai aspek yang berkembang di masyarakat.


Menghadapi tantangan perubahan itu, hendaknya PKK lebih peka, dan terus berusaha mencari cara-cara yang terbaik untuk menggalang kerjasama dengan lembaga-lembaga masyarakat lainnya. Dengan demikian, bersama PKK mereka menjadi kekuatan sosial yang efektif, sehingga partisipasi masyarakat dapat benar-benar digerakkan secara sadar menjadi kekuatan yang riil, tanpa adanya mobilisasi.


Jika semua itu bisa berlangsung dengan baik, dengan fungsinya sebagai katalisator dan motivator sekaligus stabilisator dalam penggerakan peranserta masyarakat, hal itu jelas merupakan kontribusi yang sangat bararti bagi Pemerintah.


Dengan tuntutan kualitatif yang demikian itu, hendaknya diartikan, bahwa Tim Penggerak PKK perlu meningkatkan mutu pengetahuan dan kemampuannya, agar 10 Program Pokok PKK dapat tercapai optimal. Dengan begitu, maka upaya peningkatan kesejahteraan keluarga perlu dilakukan seiring dengan peningkatan kualitas sumberdaya manusia para kadernya.


Oleh sebab itu, penyadaran para Kader Penggerak PKK terhadap misi akbarnya: ?pemberdayaan dan kesejahteraan rakyat? memang perlu terus-menerus dihidupkan sejalan dengan usaha peningkatan mutu kader, agar berhasil dalam menjalankan tugas pelaksanaan program-program kerjanya.


Dengan lain perkataan, PKK harus mengambil peran mendorong kehidupan keluarga yang sehat sejahtera, terutama melalui upaya pembinaan wanita dan ibu-ibu rumah tangga yang menjadi pionir handal dan berkemampuan, melalui jalur keluarga. Hendaknya PKK tetap berjalan sebagai suatu gerakan terorganisir, yang dapat diikuti dan dilaksanakan oleh setiap keluarga dalam mewujudkan keluarga sejahtera.


Dengan didasari oleh semangat kebersamaan dan dengan keinginan untuk meningkatkan kualitas hidup dan penghidupan keluarga-keluarga di DIY, saya sungguh percaya, bahwa PKK akan mampu mewujudkan cita-citanya, cita-cita para keluarga, sekaligus cita-cita masyarakat.


Hadirin dan Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,


Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam ikut mensyukuri Puncak Acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-48 Tahun 2020 pada hari ini, dan tetap dengan harapan, kiranya PKK mampu tampil sebagai sosok relawan yang handal dan tanpa pamrih, yang memang diperlukan oleh masyarakat serta keluarga-keluarga di perkotaan maupun pedesaan.


Saya juga berharap, semoga para Kader Penggerak PKK dapat memetik hikmah dan manfaat nyata bagi kehidupan organisasi selanjutnya. Akhir kata, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhai usaha-usaha kita bersama.

Sekian dan terima kasih.


Wassalamu?alaikum Wr. Wb.


Yogyakarta, 18Maret 2020


GUBERNUR

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA




HAMENGKU BUWONO X