BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan GERAKAN TANAM KEDELAI SERIBU HEKTAR

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.

?

Yang terhormat, Menteri Pertanian RI, Bapak Syahrul Yasin Limpo;

?

Yang saya hormati:

  • Ketua DPRD DIY;

  • Jajaran Forkopimda DIY;

  • Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul

  • Bupati dan Jajaran Forkopimda Kabupaten Gunungkidul;

  • Mitra kerja dari korporasi;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2022, Indonesia mengimpor sekitar 2,32 juta ton kedelai dengan nilai sekitar 1,63 miliar dolar AS. Meskipun angka ini turun 6,63% dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu sekitar 2,49 juta ton dengan nilai 1,48 miliar dolar AS, kita masih sangat bergantung pada impor kedelai untuk memenuhi kebutuhan kita.

Potensi inilah yang harus kita garap, seiring upaya mengambil tindakan yang tepat, untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap impor kedelai. Adapun salah satu langkah strategis, adalah dengan meningkatkan penanaman kedelai di wilayah kita sendiri.

Untuk itu, saya mengumumkan komitmen kami untuk mendukung penanaman kedelai di lahan seluas 1.000 hektar lahan di wilayah ini. Langkah ini, akan memberikan dampak positif yang signifikan, bagi perekonomian lokal kita.

Penanaman kedelai melalui kerjasama dengan badan korporasi,? memberikan kesempatan untuk meningkatkan produksi dalam skala besar. Dengan menggunakan teknologi modern dan praktik pertanian yang efisien, kita dapat menghasilkan jumlah kedelai yang lebih besar secara lokal, mengurangi ketergantungan pada impor, dan memastikan pasokan yang stabil untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Selain itu, juga akan menciptakan peluang kerja baru bagi masyarakat lokal. Baik dalam bidang pertanian itu sendiri, maupun dalam sektor pendukung seperti pemrosesan dan distribusi. Proses ini akan memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat kita.

Penanaman kedelai berbasis kerjasama, juga akan mendukung diversifikasi ekonomi di wilayah DIY. Selain mengandalkan sektor pertanian yang sudah ada, kita akan memiliki sumber daya dan produksi yang beragam, yang akan meningkatkan keberlanjutan ekonomi kita dalam jangka panjang.

?

Bapak Menteri dan Hadirin sekalian,

Dengan komitmen dan kerjasama, saya optimis, kita dapat mengurangi ketergantungan kita pada impor kedelai, mencapai kemandirian pangan, serta mendukung proses pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dengan harapan seperti itulah, saya menyambut baik, dan mengapresiasi penanaman kedelai di lahan mitra korporasi seluas 1.000 hektar pada hari ini. Semoga Tuhan sang Kuasa Cipta, senantiasa meridhoi upaya kita, atas seluruh daya-upaya, mencapai kemandirian pangan di Indonesia.

?

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.





Gunungkidul, 6 Juni 2023

?