BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan RAPAT KOORDINASI KEPEGAWAIAN SE-KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2023

Assalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

?

Yang saya hormati:

  • Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara RI;

  • Gubernur Kalimantan Timur;

  • Para narasumber dan hadirin sekalian.

?

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat.

?

Atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, saya mengucapkan selamat datang di Yogyakarta.

?

Hadirin sekalian,

?

Presiden Joko Widodo, pada Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 yang lalu, telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk bekerja keras meningkatkan investasi, menanggulangi kemiskinan, dan mendorong digitalisasi pemerintahan. Gerak birokrasi harus selaras dengan target prioritas pemerintah sehingga diperlukan penerapan reformasi birokrasi tematik.

?

Implementasi reformasi birokrasi berfokus dalam lima aspek tematik, yaitu pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi pelayanan, belanja produk dalam negeri, dan pengendalian inflasi. Dengan penajaman reformasi birokrasi melalui lima aspek tematik tersebut, diharapkan bisa semakin mewujudkan birokrasi berdampak yang kini sedang menjadi perhatian pemerintah.

?

Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai salah satu entitas pemerintah daerah di NKRI juga telah menerapkan berbagai metode dalam mengembangkan ASN sebagai subjek dari reformasi birokrasi. Salah satunya, penerapan manajemen ASN berbasis Merit System.

?

Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) DIY 2022 kembali meraih predikat AA, dan terhitung sudah menjadi yang kelima kalinya berturut-turut tertinggi di Indonesia, sejak tahun 2018 lalu. Selain SAKIP, Reformasi Birokrasi DIY meraih predikat A, mempertahankan predikat yang sama pada tahun-tahun sebelumnya.

?

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Rapat Koordinasi Kepegawaian se-Kalimantan Timur dapat berjalan lancar dan menghasilkan rekomendasi penting yang memberikan dampak positif untuk kemajuan ASN. Terima kasih.

Wassalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

?

Yogyakarta, 07 Juni? 2023

?