BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PEKAN ILMIAH TAHUNAN IKATAN AHLI MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI RUMAH SAKIT INDONESIA (IAMARSI)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam damai sejahtera bagi kita semua

?

Yang terhormat, Wakil Presiden Republik, Bapak Kiai Haji Ma?ruf Amin atau yang mewakili;

?

Dan yang saya hormati:

  • Ketua Umum IAMARSI dan segenap jajaran pengurusnya;

  • Para peserta Pekan Ilmiah dan hadirin sekalian.

Tiada terasa, kita sudah bergerak menyongsong Era Revolusi? Industri Kelima, dengan karakternya yang lebih human-centric, berbeda dengan era Revolusi Industri Keempat dengan pola production-centric. Manajemen dan administrasi rumah sakit pun,? dipastikan akan terpergaruh oleh trend ini, dimana adopsi teknologi canggih dan pendekatan yang lebih inovatif akan semakin intens diterapkan, selaras dengan tema besar acara ini: Smart Leader, Smart Facilities, and Smart Hospital.



Hadirin sekalian,

?

Seiring hadirnya era Revolusi Industri Kelima, rumah sakit akan mengandalkan teknologi dan data untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Penggunaan sistem manajemen rumah sakit berbasis cloud, pengolahan data besar (big data), dan kecerdasan buatan (AI), akan membantu pengelolaan dan analisis data pasien, pengelolaan persediaan, manajemen jadwal, serta perencanaan dan pengawasan operasional.

?

Terkait konektifitas, rumah sakit akan membangun sistem yang terintegrasi dengan departemen dan layanan yang saling terhubung. Konektifitas ini, meliputi integrasi sistem informasi medis, sistem manajemen pasien, sistem keuangan, sistem manajemen persediaan, dan sistem pelayanan pelanggan. Interkoneksi akan memfasilitasi pertukaran data yang lebih lancar, koordinasi tim yang lebih efektif, dan peningkatan kualitas pelayanan secara keseluruhan, atau setidaknya selaras dengan? 6 Pilar Transformasi Teknologi Kesehatan dan terknoneksi dengan aplikasi Satu Sehat.

?

Rumah sakit juga akan lebih serius dalam implementasi konsep "smart supply chain" untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi, dalam pengadaan dan distribusi sumber daya medis. Penggunaan teknologi seperti RFID (Radio Frequency Identification), Internet of Things, untuk memastikan persediaan secara real time,? tepat waktu, akurat, dan efisien.

?

Satu hal yang pasti, manajemen rumah sakit akan berfokus pada upaya meningkatkan pengalaman pasien melalui solusi digital, meliputi penggunaan aplikasi mobile untuk pendaftaran, janji temu, akses ke rekam medis elektronik, komunikasi dengan tim medis, dan pemantauan kesehatan jarak jauh. Penggunaan teknologi ini, akan memungkinkan pasien untuk mengakses pelayanan kesehatan secara lebih mudah, cepat, dan terjangkau. Terakhir, manajemen rumah sakit harus menaruh perhatian penuh pada keamanan data dan privasi pasien. Melalui enkripsi data, pengaturan akses, dan kepatuhan terhadap regulasi privasi, harus diterapkan dengan cermat.

?

Semua hal tersebut, diharapkan dapat turut menuntaskan berbagai tantangan pelayanan kesehatan dan rumah sakit di Indonesia, seperti kesenjangan akses pelayanan kesehatan antara wilayah perkotaan dan pedesaan di Indonesia; kualitas pelayanan dan keberlanjutan finansial;? kurangnya tenaga medis, termasuk dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya; serta manajemen data dan sistem informasi kesehatan yang terstandar, dan dapat dijadikan sebagai alat pengambilan kebijakan.



Hadirin sekalian,

?

Dengan visi dan harapan seperti itulah, saya menyambut baik Pekan Ilmiah Tahunan Ikatan Ahli Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (IAMARSI), dengan temanya: "Transformasi Pelayanan Kesehatan menjadi Smart Leader, Smart Facilities, and Smart Hospital" seiring ucap: Selamat Datang di Yogyakarta.

?

Akhir kata, Selamat mengikuti acara hingga paripurna dan selamat menikmati Yogyakarta! Dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Pekan Ilmiah Tahunan Ikatan Ahli Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, saya nyatakan resmi dibuka.

?

Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr., Wb.,

?

Yogyakarta, 9 Juni 2023

?