BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PERESMIAN SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA (SPAB) & PENGUKUHAN TIM SIAGA BENCANA (TSB) TAHUN 2023

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.

?

Yang saya hormati:

  • Kepala dan segenap jajaran SMKN 6 Yogyakarta, SMAN 2 Yogyakarta, SMA BOPKRI I Yogyakarta, MA Ali Maksum Bantul, SLB Citra Mulia Mandiri Sleman,

  • Kepala Pelaksana BPBD DIY dan segenap jajarannya,

  • Para Tamu Undangan, serta Hadirin sekalian.

?

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena masih memperkenankan kita semua untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal?afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

?

Saudara-saudara,

Negara kita memiliki kondisi geografis, geologis, hidrometeorologis, dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana alam, non-alam, maupun sosial atau kemanusiaan, dimana kesemuanya sangat potensial menimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis, yang pada akhirnya dapat menghambat pembangunan nasional. Sehingga, kegiatan antisipasi serta mitigasi, yang termasuk pula peningkatan kesiapsiagaan fisik dan mental, merupakan hal yang krusial.

Perlu dicatat, bahwa Visi Penanggulangan Bencana Tahun 2020-2044 adalah ?Mewujudkan Indonesia Tangguh Bencana untuk Pembangunan Berkelanjutan?. ?Tangguh?, dalam konteks ini berarti mampu menahan, menyerap, beradaptasi, dan memulihkan diri secara tepat waktu, efektif, dan efisien.

Kondisi dan visi tadi berarti masyarakat berhak dan wajib untuk diberdayakan: mendapatkan pendidikan, pelatihan, dan keterampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. Masyarakat berhak dan wajib pula, untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan terhadap kegiatan penanggulangan bencana, khususnya yang berkaitan dengan diri dan komunitasnya. Bahwa dalam penanggulangan bencana, ada ?asas kebersamaan?: penanggulangan menjadi tugas dan tanggung jawab bersama antara Pemerintah dan masyarakat yang dilakukan secara gotong royong.

Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) sendiri merupakan sebuah program yang ingin memastikan, bahwa elemen satuan Pendidikan memahami resiko bencana, terlindungi dari dampak buruk bencana, sekaligus menjamin terpenuhinya layanan pendidikan walaupun dalam situasi darurat bencana.

Kunci keberhasilan SPAB ada pada antusiasme dan konsistensi elemen satuan pendidikan. Artinya, harus ada kesadaran tinggi yang diwujudkan melalui tindakan nyata, serta bahwa setiap program/kegiatan yang dilaksanakan dapat menyentuh aspek manfaat (outcome) yang lebih baik dari tahun ke tahun.

?

Hadirin yang saya hormati,

Dalam konteks DIY, saya percaya kita semua yang hadir di sini sudah sangat paham mengenai urgensi tangguh bencana yang berkelanjutan, dan sudah sangat menyadari tentang nilai penting ?asas kebersamaan? dalam penanggulangan bencana.

Masing-masing dari kita pun sudah belajar dari pengalaman, betapa kesiapsiagaan hingga ke tataran individu sangatlah besar pengaruhnya, dalam hal bagaimana kita bersikap dan bertindak di tengah situasi bencana/darurat, dan dalam hal seberapa cepat kita dapat kembali bangkit.

Lebih jauh, tentunya kita semua dapat sepakat, bahwa institusi pendidikan sangatlah strategis dan potensial, untuk dijadikan sebagai salah satu pilar utama, dalam mewujudkan visi Indonesia Tangguh Bencana sebagaimana yang telah saya singgung di awal tadi.

Sehingga, besar harapan saya, bahwa lima SPAB yang diresmikan hari ini, beserta Tim Siaga Bencana (TSB) yang dikukuhkan, dapat menjalankan fungsi, peran, dan tanggungjawabnya dengan penuh kesungguhan.

Mari kita semua bekerja sama, sesuai dengan koridor kewenangan dan bidang urusan masing-masing, dalam menciptakan kondisi dimana masyarakat DIY dapat ?bersahabat? dengan bencana.

Akhirnya, dengan mengucap ?Bismillahirrahmanirrahim?, Satuan Pendidikan Aman Bencana Tahun 2023, saya nyatakan resmi diluncurkan.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.



Yogyakarta, 14 Juni 2023

?