BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENANDATANGANAN NOTA KESEPAKATAN TENTANG PROGRAM PENGAMPUAN KESEHATAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.

?

Yang kami hormati:

  • Bupati/Walikota se-DIY;

  • Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito;

  • Para Perwakilan Rumah Sakit se-DIY;

  • Para Tamu Undangan, serta Hadirin Sekalian.

?

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, yang masih memperkenankan kita untuk bersama-sama hadir di sini dalam keadaan sehat wal'afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

Hadirin sekalian,

?

Program nasional Pengampuan Rumah Sakit merupakan salah satu langkah konkrit dalam upaya percepatan transformasi bidang kesehatan di Indonesia, yang secara khusus mengacu pada pilar ke-2: Transformasi Layanan Rujukan.

?

Sedikit memberi gambaran, Pemda DIY memiliki modal cukup baik dalam implementasi transformasi sistem kesehatan. DIY telah memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang tersebar di berbagai wilayahnya. Angka ketersediaan jumlah tempat tidur (TT) pada tahun 2021 di DIY yaitu 1,9 TT : 1000 penduduk. Jumlah ini mencukupi bila dibandingkan dengan standar nasional dan World Health Organization (WHO) yaitu, 1 TT : 1000 penduduk.

?

Selain itu, Pemda DIY telah menerapkan program layanan kesehatan yang berorientasi pada pasien, seperti program "Sistem Pelayanan Kesehatan Berbasis Keluarga" dan "Jaminan Kesehatan Masyarakat." Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memperluas aksesibilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat DIY.

?

Namun demikian, perlu sinergitas dan dukungan pemerintah pusat, terutama pada:

  1. Pengembangan infrastruktur dalam peningkatan layanan rujukan. Rujukan pada pelayanan kesehatan menjadi hal penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan menyeluruh. Melalui layanan rujukan, pasien dapat memperoleh penanganan yang tepat dan optimal. Namun, saat ini DIY masih terkendala dalam kelengkapan infrastruktur layanan rujukan yang memadai pada Rumah Sakit Umum Daerah di wilayahnya.

  2. Ketersediaan dan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK). SDMK yang berkualitas menjadi kunci utama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas. Ketersediaan SDMK di DIY mengalami kekurangan terutama untuk memenuhi kebutuhan pada transformasi layanan primer dan layanan rujukan.

?

Bertolak dari hal-hal tersebut, pada kesempatan yang baik ini, saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, pertama-tama menyampaikan terima kasih, kepada Kementerian Kesehatan, atas ditetapkannya RSUP Dr. Sardjito sebagai salah satu rumah sakit yang dipandang memenuhi kriteria sebagai Rumah Sakit Pengampu Regional. Adalah sebuah kehormatan bagi kami Pemerintah Daerah DIY, yang dalam konteks ini terwakilkan oleh RSUP Dr. Sardjito yang wilayahnya berada di Yogyakarta, karena dapat terlibat secara langsung dalam mewujudkan visi misi yang diusung oleh pilar ke-2: Transformasi Layanan Rujukan.

?

Pemerintah Daerah DIY mendukung sepenuhnya, dan siap untuk menjalankan peran dan fungsi terkait dengan realisasi visi misi tadi, sesuai dengan bidang urusan dan koridor kewenangan kami.

?

Dengan semangat yang sama, besar harapan saya bahwa RS Sardjito dapat mengemban peran barunya sebagai Pengampu Regional dengan penuh keseriusan. Bangun komitmen dan jaga antusiasme, bertindaklah yang pro-aktif, sebab ketiganya merupakan modal penting bagi terciptanya konsistensi demi keberlanjutan.

?

Yang tidak kalah penting, semoga peran baru sebagai Rumah Sakit Pengampu Regional dapat menjadi satu lagi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pendukung, termasuk dari aspek hospitality mulai dari yang tersier hingga yang primer. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam konteks penyediaan layanan kesehatan, perihal bagaimana pelayanan diberikan (the delivery of services) nyaris sama pentingnya dengan perihal ketersediaan jenis layanan (the availability of services).

Akhirnya, mari kita semua jalin komunikasi, kolaborasi, dan sinergi yang baik, demi tercapainya transformasi kesehatan Indonesia.

?

Sekian.

?

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

?

Yogyakarta, 22 Juni 2023

?