BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN SELAMAT DATANG Dalam acara: REAKTIVASI GERAKAN NASIONAL BANGGA BUATAN INDONESIA (GERNAS B

Yang Saya hormati:

?

  1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan jajarannya;

  2. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan jajarannya;

  3. Para Pejabat Tinggi Madya pada Kementerian/ Lembaga Kabinet Indonesia Maju;

  4. Sekretaris Daerah dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Provinsi DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Tenggara;

  5. Para Rektor/Pimpinan Perguruan Tinggi serta Sekolah Vokasi;

  6. Para Ketua Asosiasi Badan Usaha, Asosiasi Profesi dan Asosiasi Rantai Pasok seluruh sektor;

  7. Para pemilik UMKK peserta binaan di wilayah D.I. Yogyakarta

  8. Serta Para Undangan dan Hadirin sekalian yang berbahagia.

?

Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan,

selamat pagi, dan salam sejahtera bagi kita semua.



Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk bersama-sama hadir dalam kegiatan ?Puncak Acara Harvesting Reaktivasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Provinsi D.I Yogyakarta Tahun 2023? pada pagi hari ini dalam keadaan sehat wal ?afiat.

?

Hadirin yang berbahagia,

?

Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya Bapak/Ibu, yang mempercayakan D.I Yogyakarta sebagai tuan rumah Kegiatan Reaktivasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Provinsi D.I Yogyakarta Tahun 2023.

?

Dengan?Gernas BBI kita berharap sebagai lokomotif kekuatan bangsa dalam menghadapi tantangan ekonomi dan pembangunan sebagai dampak pandemi COVID-19. Sebagaimana diketahui pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia memunculkan dampak bagi negara dan kehidupan di dalam masyarakat, seperti turunnya pertumbuhan ekonomi dan investasi, melemahnya daya beli dan kesejahteraan masyarakat.

?

Diharapkan dengan reaktivasi Gernas Bangga Buatan Indonesia di DIY ini, semoga mampu mendorong masyarakat termasuk pemerintah daerah untuk menggunakan produk lokal Indonesia.

?

Saat ini kita tidak perlu ragu lagi terhadap kualitas dari produk-produk dalam negeri dibanding buatan luar negeri. Produk dalam negeri semakin baik. Hal ini dapat dilihat dari originalitas ide dan produk yang diusung oleh UMKK kita yang mengusung kearifan lokal yang membanggakan. Dengan rasa kepedulian dan bangga terhadap produk-produk buatan Indonesia dapat mendorong nasional branding produk lokal unggulan, sehingga menciptakan industri, kreasi dan inovasi baru serta pasar yang lebih besar.

?

Hadirin yang berbahagia,

?

Menjadi harapan saya bahwa seluruh elemen di Provinsi DIY dapat memiliki concern yang sama dalam mendukung implementasi kebijakan program Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Karena sangat penting dukungan konektivitas dan integrasi dari beberapa sektor. Saya berkomitmen mendukung GBBI dan BBWI ini khususnya melakukan penguatan terhadap UMKK serta membantu dalam sinergi dan kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di DIY.

?

Melalui Gernas BBI diharapkan selain pendataan UMKK, Pemda DIY dapat mengembangkan UMKK, memfasilitasi UMKK di setiap sektornya sesuai dengan kewenangannya baik dalam segi motivasi, atau marketing maupun dalam bentuk pelatihan, permodalan, akses pasar dan kampanye sehingga dapat membantu usaha tersebut untuk lebih dikenal.

?

Tak lupa melakukan kurasi/seleksi pelaku usaha UMKK di DI Yogyakarta untuk memilih pelaku usaha UMKK terpilih yang akan mendapatkan kesempatan berbagai dukungan pengembangan usaha dalam bentuk pelatihan, pameran, dan akses untuk pemodalan yang telah disebutkan di atas.

?

Dengan Kegiatan ini diharapkan dapat menunjukkan semangat gotong royong dan kerjasama baik antara pemerintah, perusahaan sebagai mitra usaha, para pelaku usaha dan masyarakat dengan berbelanja produk dalam negeri, utamanya produk UMKK, baik secara langsung maupun secara online (digital) yang sudah semakin memasyarakat.

?

Pada kesempatan ini, Saya turut mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Tim dari Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat yang menjadi campaign manager, atas full support dan kerja samanya, sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik, dan semoga tujuan utama dari kegiatan ini dapat tercapai dengan baik. Saya juga memohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan.

?

Demikian yang dapat Saya sampaikan, Semoga kegiatan dapat terlaksana dengan baik serta dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

?

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.,

Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan.

?