BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan RAPAT KERJA PENGENDALIAN PEMBANGUNAN EKOREGION JAWA

Assalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua.

?

Yang saya hormati:

  • Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI beserta jajarannya.

  • Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa beserta jajarannya;

  • Direktur Utama Perhutani beserta jajarannya;

  • Para Pimpinan Unit Pelaksana Teknis Lingkup KLHK;

  • Serta Perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemda DIY.

?

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara Rapat Kerja Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa dalam keadaan sehat.



Hadirin sekalian,

?

Pengelolaan hutan saat ini menitikberatkan hutan sebagai sebuah kesatuan lanskap atau landscape based forest management. Hutan menawarkan ecosystem services sehingga dalam pengelolaannya tidak hanya menimbang komponen vegetasi tapi juga komponen lain.

Adapun di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri, sejak tahun 2008, Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (Balai KPH) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dikelola pemerintah daerah telah mensinergikan pengelolaan hutan lindung dan hutan produksi secara lestari. Balai KPH DIY melibatkan kemitraan masyarakat di tingkat tapak sehingga dapat setiap waktu mengawasi kondisi hutan termasuk pencegahan kebakaran hutan.

Dalam operasionalnya, kemitraan Balai KPH DIY melibatkan sektor swasta, daerah dan masyarakat. Sebab, dalam pengelolaan hutan, pemerintah daerah DIY memerlukan kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak. Masyarakat sebagai komponen dari lanskap tersebut, menjadi bagian penting dan paling dinamis. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi peran masyarakat untuk menjaga sekaligus memulihkan hutan dan lingkungan.

Kolaborasi dan sinkronisasi kebijakan antara pusat dan daerah juga sangat penting dalam upaya pemulihan hutan dan lingkungan hidup untuk menguatkan prinsip lingkungan hidup dengan isu pemulihan dan pengelolaan hutan di Jawa.

?

Saya berharap kegiatan hari ini dapat menghasilkan rumusan yang bermanfaat dalam rangka pembangunan dan peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kehutanan khususnya di Pulau Jawa.

?

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi langkah dan upaya kita semua.

?

Terima kasih.

?

Wassalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

?

Yogyakarta, 22 Juni 2023

?