BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENGARAHAN UPACARA PENERJUNAN KKN PPM UGM PERIODE 2 TAHUN 2023

Assalamu?alaikum Wr. Wb.,

Salam damai sejahtera bagi kita semua.

?

Yang saya hormati:

  • Bapak Bupati Pacitan,

  • Ibu Rektor UGM, beserta jajarannya,

  • Para peserta KKN PPM Periode 2 Tahun 2023,

  • Para Tamu Undangan, serta Hadirin sekalian.

?

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal?afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

?

Saudara-saudara,

Sebagaimana kita ketahui bersama, Tridharma Perguruan Tinggi, adalah kewajiban perguruan tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat. Pendidikan dan pengajaran, digunakan sebagai landasan untuk memulai suatu penelitian dan pengembangan. Kegiatan penelitian merupakan langkah awal sebagai persiapan untuk mengabdi kepada masyarakat. Sementara pengabdian masyarakat merupakan tujuan utama dari adanya pendidikan dan penelitian.

Lebih jauh, Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) adalah serangkaian aktivitas, dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat. Tujuan dari PPM sendiri, adalah menghasilkan mahasiswa mampu menganalisis permasalahan dan potensi dalam masyarakat, punya empati dan kepedulian terhadap segala bentuk permasalahan dalam masyarakat, mampu menerapkan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS), serta sebagai sarana menanamkan nilai-nilai (antara lain nasionalisme dan jiwa pancasila, etos kerja, tanggung jawab, mandiri, jiwa kepemimpinan, jiwa kewirausahaan dan jiwa peneliti) sebagai bekal untuk terjun ke masyarakat sebagai pribadi-pribadi yang lebih dewasa.

Adapun Kuliah Kerja Nyata (KKN), merupakan salah satu wujud konkrit PPM. Bertolak dari situ, kepada para peserta KKN PPM Periode 2, pertama-tama saya ucapkan selamat mengabdi.?Selanjutnya, besar harapan saya, kita semua memiliki kesamaan persepsi: bahwa dalam pelaksanaan KKN, kepentingan masyarakat adalah yang utama, dan kepentingan mahasiswa/kampus hanyalah mengikuti.

Pastikan agar program/kegiatan dibuat, berdasarkan apa yang memang dibutuhkan oleh masyarakat sasaran. Terapkan ilmu yang telah dipelajari dengan semaksimal mungkin, tapi bersiap-sedialah untuk fleksibel, sebab ada kalanya yang sempurna di ranah teori ternyata bukanlah opsi terbaik di ranah implementasi.

Upayakan pula, agar program/kegiatan tersebut memenuhi asas keberlanjutan: dapat diteruskan dan dikembangkan secara mandiri oleh masyarakat yang menjadi kelompok sasarannya, serta memiliki potensi untuk direplikasi oleh pihak lainnya. Yang tidak kalah penting, jangan pernah lupa, bahwa dengan mengirim saudara-saudara untuk melaksanakan KKN, maka secara tidak langsung berarti UGM ?selaku institusi dan komunitas? mempercayakan citra dan nama baiknya di tangan saudara-saudara.

Maka, saya harap manfaatkanlah citra dan nama itu dengan sebesar-besarnya, dan di saat yang sama, jagalah kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya.

Sekian.

?

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.

?

Yogyakarta, 23 Juni 2023

?