BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PAMITAN KONTINGEN JUMBARA PMR TINGKAT NASIONAL KE-9 TAHUN 2023 DAN PELEPASAN KONTINGEN KORM

Assalamu?alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.

?

Yang saya hormati:

  • Ketua DPRD DIY;

  • Sekretaris Daerah DIY;

  • Ketua PMI DIY beserta jajarannya;

  • Kepala OPD terkait;

  • Serta kontingen Jumbara dan KORMI yang saya banggakan.

?

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena limpahan rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara Pamitan Kontingen JUMBARA PMR Tingkat Nasional Ke-9 dan Pelepasan Kontingen KORMI DIY FORNAS Ke-7 dalam keadaan sehat.

?

Hadirin sekalian,

?

Secara universal tugas Palang Merah adalah to improve the situation of the world's most vulnerable people. Artinya, lahan pengabdian Palang Merah selain menyediakan bantuan kemanusiaan pada saat bencana, juga memberdayakan vulnerable people. Organisasi modern Palang Merah secara tipikal menyandang misi sebagai berikut: emergency response, pengoperasian kamp pengungsian, bank darah, bantuan kesehatan, bantuan kesejahteraan, penyebaran informasi tentang HAM, pencarian dan reunifikasi orang hilang, pelatihan untuk menghadapi bencana.

Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena memang anak muda harus dikader sejak dini untuk peka dan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi untuk menolong sesama. Terutama dalam kondisi kedaruratan.

Melalui Jumpa Bhakti Gembira (JUMBARA), saya berharap dapat menjadi ajang pembinaan dan pengembangan sukarelawan. Selain itu, menjadi pertemuan antar anggota PMR untuk saling berbagi ilmu, evaluasi, dan membangun relasi. Sehingga, ke depan dapat merancang peran sukarelawan untuk mendukung program peningkatan organisasi dan pelayanan PMI.

?

Hadirin sekalian,

Berkaitan dengan Kontingen Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) yang juga akan mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-7 di Jawa Barat, saya berpesan untuk menjunjung tinggi sportivitas. Kemenangan dan perolehan medali adalah bonus. Yang utama, komitmen untuk mengajak masyarakat supaya gemar berolahraga dan membudayakan gaya hidup sehat melalui FORNAS.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas nama Pemerintah Daerah DIY, saya mengucapkan Selamat mengikuti JUMBARA PMR TINGKAT NASIONAL KE-9 TAHUN 2023 dan FORNAS KE-7 JAWA BARAT TAHUN 2023.

Wassalamu?alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

?

Yogyakarta, 26 Juni 2023

?