BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

KARNAVAL GEMA TAKBIR WARUNGBOTO 1444 H/ 2023 M

Assalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

?

Yang saya hormati ketua dan pengurus Angkatan Muda Muhammadiyah Warungboto dan hadirin sekalian.

?

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara Karnaval Gema Takbir Warungboto 1444 H/ 2023 M dalam keadaan sehat wal?afiat.

?

Hadirin sekalian,

Setiap menyambut Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah, kita mengumandangkan kalimat-kalimat takbir, tahmid, dan tahlil. Kalimat-kalimat ini kita kumandangkan sebagai bentuk keteguhan kita yang mengakui keesaan-Nya, kebesaran-Nya dan keagungan-Nya. Di tanah suci Makkah, tempat terpancarnya fajar Islam, para tamu Allah, yang sedang menunaikan ibadah haji juga sedang menyerukan kalimat talbiyah.

?

Kalimat-kalimat ini tak hanya kita lisankan tapi juga harus kita tanamkan dalam diri. Sehingga, dapat kita wujudkan dalam bentuk perbuatan dan amal ibadah.? takbir, tahmid, dan talbiyah itu ditanamkan ke dalam hati, ditancapkan ke lubuk jiwa yang dalam.

?

Hadirin sekalian,

?

Pengorbanan sebagai perlambang bahwa jiwa dan perbuatan seseorang harus dilandasi dengan tauhid, iman, dan takwa. Ajaran kurban ini juga mengisyaratkan makna yang mendalam agar kita dapat mengorbankan segala sikap dan perbuatan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan ajaran Allah.

Jika kita tidak mampu berkurban dengan hewan, kita mampu berkorban dengan meninggalkan hal-hal yang dilarang agama. Sudah selayaknya kita sebagai masyarakat, dapat memahami dan menghayati semangat kurban tersebut.

Pada momentum Idul Adha tahun ini, mari kita pupuk dan tingkatkan pula persatuan dan kesatuan, untuk mewujudkan kerukunan dan ketenteraman dalam masyarakat.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah SWT, meridhai upaya dan pengorbanan kita. Terima kasih.

?

Wassalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

?

Yogyakarta, 27 Juni 2023

?