BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PELANTIKAN & PENGAMBILAN SUMPAH PIMPINAN TINGGI PRATAMA, ADMINISTRATOR DAN PENGAWAS DI LINGKUNGAN

Assalamu?alaikum wr. wb.

Salam damai-sejahtera bagi kita semua,

?

Yang saya hormati:

  • Ketua DPRD DIY;

  • Wakil Gubernur dan jajaran pemerintahan di lingkungan Pemda DIY;

  • Kepala Badan Kepegawaian Nasional Regional I;

  • Direktur Utama BPD DIY;

  • Para Tamu Undangan dan Hadirin, khususnya Pejabat yang dilantik yang berbahagia,



PELANTIKAN dan Pengambilan Sumpah untuk menduduki jabatan publik, membawa amanah dan tanggung jawab, sesuai bidang ketugasannya masing-masing. Dalam menjalankannya, perlu komitmen, kemauan kuat, dan tanggung jawab penuh, agar amanah itu bisa terwujud.

?

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), bahwa untuk mewujudkan ASN sebagai bagian dari Reformasi Birokrasi, perlu ditetapkan ASN sebagai profesi yang memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan diri, serta wajib memegang teguh etos akuntabilitas publik atas kinerjanya.

?

Dan di lingkungan Pemda DIY, upaya melanjutkan Reformasi Birokrasi, tercermin pula pada momentum hari ini,? sebagaimana 42 pejabat yang telah diambil sumpahnya, dengan rincian: 1 Pejabat Pratama, 22 Jabatan Administrator, dan 19 Pejabat Eselon IV.

?

Adanya rotasi dan promosi, hendaknya dipahami pula, sebagai dinamika perkembangan organisasi, untuk terus meningkatkan efektivitas dan efisiensi, sekaligus upaya adaptasi terhadap situasi, dan perubahan yang terjadi.

?

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan di Lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta hari ini, hendaknya dipandang pula sebagai governance strategy, khususnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, seiring upaya menggerakkan roda pemerintahan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Terkhusus untuk transformasi nomenklatur Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY, menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP, besar harapan saya, bahwasanya DPMPTSP dapat memberikan pelayanan investasi dan perizinan yang lebih tangkas dan berkualitas, melalui strategi pengembangan omni channel yang mendukung efisiensi, kecepatan, kemudahan, dan integrasi dalam basis-basis pemanfaatan teknologi.

?

Dari sisi tata kelola sumber daya manusia, DPMPTSP juga telah memiliki postur organisasi ?Miskin Struktur, Kaya Fungsi?. Dengan postur ini, DPMPTSP diharapkan mampu mencapai tataran digital agility dan digital leadership, melalui berbagai inovasi dan revolusi mindset organisasinya.



Hadirin sekalian,

?

Sebagaimana pesan saya dalam banyak kesempatan, pembangunan adalah kerja besar yang diamanahkan rakyat untuk merealisasikan keistimewaan DIY. Konsekuensinya, setiap pemimpin dituntut sebagai work-leader, dan menjadi role-model bagi organisasinya.

?

Pemimpin juga harus berpegang teguh pada prinsip good governance, yang tercermin dalam ?gareget? ?Tatas, Tutus, Titis, Titi lan Wibowo?: Berorientasi pada kebutuhan riil masyarakat dan inovatif; totalitas-tuntas-dalam basis outcome dan impact; kolaboratif-presisi dalam perencanaan; teliti-ketelitian dalam pelaksanaan program kegiatan dan administrasinya. Hingga akhirnya, mencapai tataran pemerintah berwibawa, selaras dengan masyarakatnya yang sejahtera.

?

Saya berharap pelantikan ini dijadikan momentum percepatan pembangunan, menuju tujuan untuk meraih makna hakiki Keistimewaan DIY, yaitu peningkatan martabat dan kesejahteraan masyarakat DIY.

?

Kepada para pejabat terlantik, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa,? senantiasa memberikan kekuatan dan menunjukkan jalan lurus-Nya, dalam setiap upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, melalui ketugasan yang baru ini. Akhir kata, saya ucapkan: ?Selamat Bekerja dan Mengabdi!?.

?

Sekian, terima kasih.

?

Wassalamu?alaikum wr. wb.



Bangsal Kepatihan, 27 Juni 2023

?