BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan WISUDA SEKOLAH LANSIA SALIMAH (SALSA) DIY

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.

?

Yang saya hormati: Ketua PW Salimah DIY, Direktur SALSA DIY, Para Wisudawan, Tamu Undangan, dan Hadirin sekalian.

?

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, yang masih memperkenankan kita semua untuk hadiri di sini dalam keadaan sehat wal?afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

?

Hadirin sekalian,

Keberhasilan pembangunan kesehatan, berdampak pada penurunan angka kelahiran, angka kesakitan dan angka kematian, serta peningkatan Umur Harapan Hidup (UHH).

Kondisi ini harus dibarengi dengan terwujudnya lansia yang tangguh, aktif, mandiri? dan tetap produktif, tentunya dengan sinergi dan kolaborasi serta dukungan dari semua pihak.

Didesain sebagai konsep pendidikan informal bagi kalangan? lanjut usia, serta kurikulum yang dirancang untuk menerangkan kegiatan belajar-mengajar demi peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi lansia, Sekolah Lansia menjadi salah satu upaya bersama untuk memberikan informasi dan pelatihan dengan konsep andragogy.

Hal tersebut sesuai dengan UU nomor 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia, bahwa sebagai penghormatan dan penghargaan kepada lanjut usia, diberikan hak untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, antara lain melalui pelayanan pendidikan dan pelatihan.

?

Hadirin yang saya hormati,

Sekolah Lansia lahir dari harapan, bahwa dapat tercipta lansia tangguh, baik dalam dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi vokasional, dimensi sosial, dimensi lingkungan, dimensi hobi dan dimensi intelektual.

?

Bertolak dari hal-hal tersebut, kepada seluruh peserta wisuda, saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, mengucapkan selamat atas diwisudanya saudara sekalian dari Sekolah Lansia. Terima kasih, karena telah bersedia untuk menjadi sosok-sosok pembelajar sepanjang hayat, dimana usia tidak menjadi penghalang untuk menimba ilmu. Semoga wisuda ini dapat menjadi titik tolak, untuk terus menjadi insan mandiri dan produktif dalam kehidupan, seraya menjadi motivator bagi lansia yang lain agar tetap bersemangat dan berkarya.

Tidak lupa pula saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PW Salimah DIY, dan lebih khusus kepada SALSA DIY, atas partisipasi aktifnya dalam upaya meningkatkan kualitas Bangsa, dengan memastikan bahwa lansia kita adalah lansia yang berdaya. Tentu merupakan harapan dan doa kita bersama, bahwa para sesepuh, para lansia yang kita sayangi dan hormati, dapat senantiasa diberikan rahmat kesehatan dan kesejahteraan lahir dan batin, dan dapat menjadi inspirasi bagi generasi yang lebih muda.

Akhirnya, teriring ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim, Wisuda SALSA 2023, saya nyatakan resmi dibuka.

Sekian dan terima kasih.

?

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.

?

Yogyakarta, 01 Juli 2023

?