BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan UPACARA DAN SYUKURAN HARI BHAYANGKARA KE-77

Assalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam damai sejahtera bagi kita semua,

Om swastiastu,

Namo buddhaya,

Salam kebajikan.

?

Yang saya hormati:

  • Gubernur Akademi Angkatan Udara;

  • Ketua DPRD DIY;

  • Jajaran Forkopimda DIY;

  • Rektor, Ketua dan Direktur Perguruan Tinggi di Yogyakarta;

  • Para anggota kepolisian se-DIY yang saya banggakan;

  • serta hadirin dan tamu undangan yang berbahagia.

?

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, sebab atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hadir di sini, dalam keadaan sehat wal?afiat, tanpa kekurangan sesuatu apapun.

Rasa syukur juga patut kita panjatkan, sebab di usianya yang ke-77 tahun ini, Kepolisian Republik Indonesia telah senantiasa diberi petunjuk dalam setiap upaya pencapaian visi dan misinya.

?

Saudara-saudara,

Tema peringatan Hari Bhayangkara adalah ?POLRI PRESISI UNTUK NEGERI, PEMILU DAMAI INDONESIA MAJU?. Saya memandang tema tersebut sebagai wujud kesadaran, sekaligus sebuah penegasan, bahwa POLRI memang hadir di tengah masyarakat untuk menjadi mitra dalam pengejawantahan demokrasi, khususnya dalam turut mengawal Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Untuk itulah, Jajaran POLRI setidaknya harus mengamalkan nilai-nilai Nadya Hanyakrabawa dan Nir bala wikara. Nadya Hanyakrabawa dapat dimaknai sebagai pihak yang senantiasa berada di tengah-tengah masyarakat, selalu memberikan bimbingan dan mengedepankan musyawarah mufakat dengan mengutamakan kepentingan masyarakat.

Adapun Nir bala wikara adalah ajur ajer dengan masyarakat, mengedepankan pendekatan persuasif melalui lobi atau diplomasi dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan. Kedua nilai tersebut wajib untuk dicamkan dan diimplementasikan, mengingat semua tantangan adalah konsekuensi tak terhindarkan dari dinamika zaman, khususnya dalam pesta demokrasi kita.

?

Saudara-saudara,

Dengan harapan dan visi seperti itulah, saya mewakili Pemerintah Daerah dan warga masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan segenap tulus hati seiring khusyuknya doa, turut mengucapkan Hari Bhayangkara yang ke-77. Semoga semangat Bhayangkara senantiasa menyala di dada setiap anggota POLRI, dalam dharma bhakti-nya kepada Ibu Pertiwi tercinta.

Terima kasih.

Wassalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

?

Yogyakarta, 01 Juli 2023

?