BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Keynote Speech Seminar REKONTEKSTUALISASI SENI DAN BUDAYA TRADISIONAL

Assalamu?alaikum wr. wb.

Salam Sehat-Sejahtera untuk kita semua,



Yang saya hormati:

  • Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI;

  • Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI;

  • Profesor Suminto;

  • Direktur AKN Seni dan Budaya Yogyakarta;

  • Peserta seminar dan hadirin sekalian.

Kebudayaan adalah unsur penting dalam pembangunan berkelanjutan. Inilah simpulan yang dinyatakan dalam Konferensi UNESCO di Meksiko pada 28-30 September 2022. Dengan demikian, budaya menjadi entitas yang sangat penting, sehingga perlu dilestarikan, dikembangkan, dan diberdayakan.

?

Dan menjadi salah satu tugas negara, untuk senantiasa menumbuhkan ekosistem kebudayaan yang sehat dan berkelanjutan. Salah satunya melalui seminar pada hari ini, seiring peran idealnya sebagai melting pots pemikiran dan ide kreatif atas nilai-nilai budaya.




Hadirin sekalian,

?

Ketika timbul tekad rekontekstualisasi seni dan budaya tradisional?seperti halnya yang menjadi tema seminar hari ini, maka satu hal yang harus tertanam dalam mindset kita. Bahwasanya, budaya bukanlah seperti ?kata benda?, tetapi lebih pada ?kata kerja?. Karena itu, hakikat sifatnya adalah penuh dinamika dan bergerak progresif untuk maju.

?

Dan apabila berbicara budaya Jawa misalnya, memanglah banyak hal yang tersamar, "sinamuning-samudana?, antik, artistik, dan estetis. Percikan-percikan falsafah hidup Jawa, kerap menyelinap halus dalam karya susastra lama, yang memuat ajaran (piwulang) dan petuah berharga (pitutur luhur). Inilah yang hendaknya di-reaktualisasi, seiring adaptasi di era globalisasi.

?

Semua nilai tersebut harus direaktualisasi dan di-rekontekstualisasi, agar semakin ada kejelasan maknanya, seperti gagasan yang termaktub dalam tema seminar ini.

?

Bertolak dari hal tersebut, Saya berharap, bahwa melalui kegiatan ini, budaya dapat menjadi jawaban atas berbagai tantangan zaman dan tantangan global, seiring dinamika yang menyertainya.



Terkhusus untuk AKN Seni dan Budaya Yogyakarta,

?

Seiring upaya meningkatkan kualitas pendidikan, besar harapan saya, bahwa AKN Seni dan Budaya dapat mengupayakan proses sertifikasi sebagai bukti kompetensi alumninya. Selain itu, sudah saatnya bagi AKN Seni dan Budaya untuk merambah dunia digital art, seperti halnya seni animasi, sebagai media reaktualisasi nilai-nilai budaya.

?

Akhirnya, semoga seminar ini menjadi wadah inovasi dan kreasi re-aktualisasi budaya, agar memiliki daya-panggil, daya-gerak dan daya-ungkit serta daya-hidup. Kesemuanya itu dilakukan untuk membangkitkan ?gumr?gahing? masyarakat secara bersama-sama, dalam membangun kesejahteraannya.

?

Terima kasih.

Wassalamu?alaikum wr. wb.




AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, 1 Juli 2023

?