BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan DIES NATALIS UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA KE-44

Assalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua.



Yang saya hormati:

  • Ketua Yayasan Pendidikan Widya Bakti Yogyakarta;

  • Rektor dan segenap civitas akademika Universitas Teknologi Digital Indonesia;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.



MARILAH kita panjatkan puji-syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hanya atas berkah dan rahmat-Nya, kita bisa bersama-sama menghadiri dan merayakan Peringatan Dies Natalis Ke-44 Universitas Teknologi Digital Indonesia Yogyakarta. Dies Natalis ini kian bermakna, seiring tema yang diusungnya: Transformasi Pendidikan Era Digital untuk Mendukung Merdeka Belajar.



Sivitas Akademika UTDI dan hadirin sekalian,

?

Di momentum yang baik ini, marilah kita refleksikan peran teknologi informasi yang semakin penting dalam mendukung kualitas pendidikan di era digital. Bagaimanapun, perkembangan teknologi informasi, telah mengubah dunia, dengan cara yang tak terbayangkan sebelumnya. Bidang pendidikan, pada akhirnya juga menjadi salah satu elemen yang paling terpengaruh.

?

Pertama-tama, mari kita lihat, bagaimana teknologi informasi telah meningkatkan melek dan cakap informaasi di berbagai tingkatan. Koneksi internet dan perangkat teknologi, telah memudahkan akses ke beragam sumber belajar. Buku, artikel, jurnal ilmiah, dan materi pembelajaran yang berharga, dapat diakses dengan cepat dan mudah, menghapuskan batasan geografis dan menyediakan pengetahuan yang berlimpah di ujung jari kita.

?

Selain itu, teknologi informasi juga telah menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Aplikasi pendidikan, platform pembelajaran daring, dan teknologi realitas virtual, telah memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan mendalam.

?

Visualisasi yang menarik, simulasi, dan interaksi langsung memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan memikat. Dengan perkembangan teknologi seperti itu, sejatinya, teknologi informasi telah menjadi pilar utama, untuk mendorong upaya menuju tataran Merdeka Belajar.

?

Kedepan, para pelajar bahkan dapat merancang kurikulum pribadi mereka, memilih sumber belajar sesuai minat dan kebutuhan mereka, dan mengatur waktu belajar mereka secara fleksibel. Dengan dukungan teknologi, proses belajar menjadi lebih personal dan individual.

?

Meski begitu, perlu diingat, bahwa implementasi teknologi informasi bukanlah tujuan akhir. Teknologi adalah semata alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih besar. Penting bagi kita, untuk tetap berfokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Demikian pula, penguatan literasi media harus semakin digencarkan, seiring membanjirnya informasi di dunia digital.

?

Tak kalah penting, pendidikan karakter-pun harus tetap diperkuat. Setiap jenjang pendidikan, adalah tools terbaik untuk membentuk sifat-sifat moral, etika, dan nilai-nilai positif pada individu. Dengan pendidikan karakter yang tepat, akan tercipta warga negara yang berkepribadian baik dan berintegritas, sehingga pada akhirnya, mereka dapat berkontribusi positif bagi masyarakat, dan berperan aktif dalam membangun kesejahteraan yang lebih baik

?

Dalam hal ini, perguruan tinggi dapat mendukung penguatan Merdeka Belajar, dengan upaya: memastikan bahwa teknologi informasi dapat diakses oleh semua kalangan; turut aktif mengurangi kesenjangan digital; dan menciptakan kesempatan belajar yang setara bagi semua orang.



Sivitas Akademika UTDI dan hadirin sekalian,

?

Pada kesimpulannya, teknologi informasi telah menjadi kekuatan yang mendorong peningkatan literasi dan dipastikan dapat menjadi pilar Merdeka Belajar. Dimulai saat ini, mari bersama-sama berkomitmen untuk terus menggali potensi teknologi informasi untuk memperkuat pendidikan dan memberdayakan para generasi penerus kita.

?

Dengan semangat inovasi dan kolaborasi, kita dapat menciptakan masa depan pendidikan yang lebih cerah dan inklusif bagi semua.

Dengan harapan seperti itulah, saya mengiringi dan turut berbahagia, seraya mengucapkan: Selamat Dies Natalis ke-44, untuk Universitas Teknologi Digital Indonesia Yogyakarta!

?

Akhir kata, demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua, dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara.

?

Terima kasih.

Wassalamu?alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.



Yogyakarta, 4 Juli 2023

?