BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan WISUDA SARJANA DAN SARJANA TERAPAN SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA YOGYAKARTA PERIODE II TA 202

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam damai sejahtera bagi kita semua.

?

Yang kami hormati:

  • Ketua Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta beserta jajarannya;

  • Ketua dan Anggota Senat Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta;

  • Para staf pengajar;

  • Para Orang Tua/Wali dan Wisudawan dan Wisudawati yang saya banggakan, serta

  • Para Tamu Undangan dan Hadirin sekalian.



Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat.



Hadirin sekalian,

?

Revolusi industri saat ini telah memasuki fase kelima atau yang lebih dikenal dengan Society 5.0. Konsep Industri 4.0 dan Society 5.0 pada dasarnya tidak memiliki perbedaan yang jauh, akan tetapi konsep Society lebih fokus pada konteks terhadap manusia. Jika revolusi industri menggunakan kecerdasan buatan sebagai komponen utamanya, sedangkan Society 5.0 tetap menggunakan teknologi modern hanya saja mengandalkan manusia sebagai komponen utamanya.

Dalam Society 5.0 dimana komponen utamanya adalah manusia yang mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi sehingga dapat meminimalisir adanya kesenjangan pada manusia dan masalah ekonomi di kemudian hari.

Berbicara tentang multimedia terbaru, saat ini telah banyak teknologi yang diciptakan dan dikembangkan. Tren multimedia baru pun mulai terlihat dan telah diimplementasikan seperti pemanfaatan Artificial Intelligence dan Machine Learning.

Perkembangan multimedia yang semakin cepat tentu harus diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sehingga, pemanfaatan teknologi multimedia dapat optimal.

Berpijak dari keadaan dan kebutuhan tersebut, para wisudawan wisudawati Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta hendaknya dapat segera menyesuaikan dengan era Society 5.0. Saudara-saudara sekalian dapat mempersiapkan diri dengan meningkatkan kualitasnya dalam aspek literasi digital khususnya dalam bidang multimedia.



Anak-anakku Wisudawan dan Wisudawati yang saya banggakan,

?

Atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan masyarakat, saya ucapkan ?selamat? kepada para wisudawan dan wisudawati, yang telah berhasil menyelesaikan studinya. Selamat memasuki gerbang pengabdian yang lebih nyata untuk membangun bangsa dan negara dengan lebih baik.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa berkenan meridhoi setiap langkah dan upaya kita semua.

Sekian dan terima kasih.

?

Wassalamualaikum Wr., Wb.,

?

Yogyakarta, 05 Juli 2023

?