BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT II ANGKATAN 23 TAHUN 2023

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,



Yang saya hormati peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II sekalian, Pelaksana Tugas Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY, para Widyaiswara, dan hadirin sekalian.

?

ADALAH suatu kehormatan bagi Pemerintah Daerah DIY, untuk dapat menerima kehadiran Bapak, Ibu, dan Saudara sekalian, peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan 23 Tahun 2023 pada hari ini.? Bagi peserta dari luar DIY, teriring pula ucapan Selamat Datang di Yogyakarta. Semoga situasi Yogyakarta senantiasa kondusif, dalam mendukung penyelenggaraan pelatihan ini.



Hadirin sekalian,

?

Saya membayangkan, bagaimana wajah pemerintahan dan birokrasi akan berubah, jika dikelola oleh para pemimpin dengan semangat wirausaha?

?

Secara garis besar, kepemimpinan kewirausahaan adalah mencerminkan sosok pemimpin yang tidak hanya berorientasi pada birokrasi, tetapi juga menerapkan jiwa kewirausahaan. Jiwa kewirausahaan inilah, yang menjadi salah satu kunci untuk menghadirkan transformasi sistem pemerintahan.

?

Kepemimpinan wirausaha, adalah konsep yang inovatif dan menantang paradigma lama, tentang bagaimana kita harus menjalankan pemerintahan dan birokrasi. Ini adalah sebuah gagasan, bahwa pemimpin tidak hanya berfungsi sebagai pengambil keputusan, tetapi juga seorang inovator yang mendorong perubahan positif, berani menghadapi tantangan, dan menciptakan peluang baru. Dengan menanamkan jiwa kewirausahaan di pemerintahan, dapat dipastikan akan melahirkan sosok pemimpin yang berani, kreatif, dan berorientasi pada solusi.

?

Dalam tren dunia yang turbulen ini, berbagai masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan, akan semakin kompleks dan tidak dapat diselesaikan dengan cara konvensional. Inovasi dan kreativitas, adalah kunci untuk menciptakan solusi-solusi baru yang efektif dan efisien. Pemimpin dengan jiwa kewirausahaan, akan memiliki keberanian untuk mencoba pendekatan baru, dan tidak takut menghadapi risiko untuk mencapai hasil yang lebih baik.

?

Selain itu, kepemimpinan wirausaha juga akan memperkuat hubungan antara pemerintahan dan sektor swasta. Kerjasama antara sektor publik dan swasta. Pemimpin berjiwa wirausaha, akan menciptakan iklim yang kondusif bagi investasi, mendorong inovasi, dan membuka peluang bagi pengusaha lokal untuk berkontribusi pada pembangunan negara.

?

Tentu saja, perubahan ini tidak akan datang dengan sendirinya. Diperlukan proses pendidikan, dan dilanjutkan dukungan yang kuat dari seluruh masyarakat, termasuk para pejabat birokrasi dan pelayan publik. Bagaimanapun, pemimpin berjiwa wirausaha harus diberikan peluang dan momentum, untuk menginspirasi, memotivasi, dan menggerakkan para pemangku kepentingan, seiring komitmen untuk maju bersama.



Saudara-saudara sekalian,

?

Menjadi tepat kiranya, apabila kedepan, Kepemimpinan Kewirausahaan menjadi fondasi pemerintahan di Indonesia. Untuk itu, saya menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan 23 Tahun 2023, dengan temanya: Kepemimpinan Kewirausahaan untuk Kemuliaan Martabat Manusia

?

Demikian pengantar yang dapat saya sampaikan untuk mengiringi kehadiran Saudara sekalian. Akhir kata, selamat mengikuti seluruh agenda hingga paripurna. Semoga para peserta senantiasa diberikan rahmat kesehatan dan kelancaran, dalam mengikuti pelatihan ini.

?

Dan dengan disertai rasa syukur memohon ridho-Nya, seraya mengucap ?Bismillaahirrahmaanirrahiim?, rangkaian acara Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan 2023 Tahun 2023 saya nyatakan dibuka secara resmi.

?

Terima kasih.

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.



Pracimasana, 5 Juli 2023

?