BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan MOBILE INTELLECTUAL PROPERTY CLINIC KANWIL KEMENKUMHAM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,



Yang saya hormati:

  • Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta beserta jajarannya;

  • Hadirin tamu undangan yang berbahagia.



Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara Mobile Intellectual Property Clinic pada hari ini.

Hadirin sekalian,


Kemajuan teknologi mendorong industri kreatif kian bertumbuh. Ide kreatif yang berlimpah ini, merupakan sumber daya tanpa batas dan memiliki nilai ekonomi sangat tinggi. Karena itu, pemerintah mengimbau masyarakat khususnya pelaku ekonomi kreatif, untuk sadar pentingnya Hak Kekayaan Intelektual. Hak Kekayaan Intelektual adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual.


Kekayaan intelektual memiliki perlindungan berbasis hukum agar terproteksi dan sah dicatatkan oleh negara. Adanya payung hukum yang melindungi kekayaan intelektual, dapat menghindari plagiasi dan penyalahgunaan oleh pihak lain.


Sudah selayaknya para pelaku ekonomi kreatif paham mengenai pentingnya HKI dalam menjaga orisinalitas ide. Hak Kekayaan Intelektual menjadi bentuk perlindungan terhadap ide dari para pelaku industri kreatif. Dengan mendaftarkan ide tersebut pada HKI, pemilik ide tidak perlu khawatir idenya diklaim orang lain. Apalagi, Yogyakarta melimpah akan produk-produk ekonomi kreatif yang bernilai ekonomi tinggi.


Memang kita harus legawa, bahwasanya, belum semua pemilik karya memahami pentingnya Hak Kekayaan Intelektual. Untuk itu, saya menyambut baik diselenggarakannya Mobile Intellectual Property Clinic yang digagas Kementerian Hukum dan HAM RI.


Saya optimis, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman bagi pemangku kepentingan di daerah, pemilik karya, dan para pelaku industri kreatif atas sistem kekayaan intelektual. Mobile Intellectual Property Clinic akan mendorong potensi Kekayaan Intelektual Indonesia dari segi kuantitas maupun kualitas permohonan, sehingga potensi Kekayaan Intelektual dapat menjadi salah satu pilar penopang pembangunan, dan meningkatkan ekonomi nasional.


Pada kesempatan ini, atas nama Pemerintah Daerah DIY, saya menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Apresiasi ini tentu saja akan menjadi semangat kami dalam mendorong pertumbuhan kekayaan intelektual di masa depan.


Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridai upaya kita dalam mengupayakan optimalisasi pemanfaatan hak cipta bagi kesejahteraan bangsa.

.

Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,



Yogyakarta, 10 Juli 2023