BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PEMBUKAAN GREBEG UMKM 2023

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,

Om Swastiastu,

Namo Buddhaya,

Salam Kebajikan.


Yang terhormat saya hormati:

  • Deputi Gubernur Bank Indonesia;

  • Kepala Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta;

  • Ketua Dekranasda DIY;

  • Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY;

  • Hadirin dan Peserta Grebeg UMKM yang berbahagia.


Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir pada acara Grebeg UMKM DIY 2023 dalam keadaan sehat wal?afiat.



Hadirin sekalian,

Untuk mewujudkan UMKM DIY sebagai episentrum UMKM Global, inovasi dan teknologi menjadi sebuah keniscayaan. Sehingga, digitalisasi menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).


Digitalisasi UMKM juga menjadi upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis dan operasional. Digitalisasi UMKM bukan sekadar menggunakan teknologi untuk menjual produk, namun juga pembina dan pendamping UMKM di DIY. Untuk itu, perlu peran dan sinergi dari segenap stakeholders untuk dapat menjawab tantangan tersebut.


Saya menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang telah konsisten menyelenggarakan Grebeg UMKM sejak 2017. Melalui program-program akselerasi digitalisasi UMKM yang diinisiasi Bank Indonesia ini, saya berharap selain meningkatkan daya saing juga mampu memperluas akses pasar UMKM.


Pemerintah Daerah DIY siap mendukung upaya sinergi dan kolaborasi ini untuk mendorong sektor UMKM go digital naik kelas serta menjadi pemain global dan berorientasi ekspor.


Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan meridhai upaya kita untuk mewujudkan UMKM DIY sebagai episentrum UMKM Global.


Terima kasih.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

?

Yogyakarta, 11 Juli 2023