BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN MASTERPLAN PROVINSI CERDAS (SMART PROVINCE)

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,



Yang saya hormati:

  • Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang hadir secara daring;

  • Bupati dan Walikota se-DIY;

  • Jajaran Forkopimda DIY;

  • Dewan Jogja Smart Province, Tim Pelaksana Jogja Smart Province dan Pokja Jogja Smart Province;

  • Para Peserta Bimtek, serta Hadirin Sekalian.


Pembangunan Sarana dan Prasarana Jogja Smart Province telah menjadi salah satu Program Prioritas Pembangunan DIY sejak tahun 2017, sebagaimana diatur dalam Keputusan Gubernur DIY Nomor 163/KEP/2017 dan Nomor 353/KEP/2021. Program prioritas tersebut kemudian salah satunya ditindaklanjuti, dengan menetapkan Peraturan Gubernur Nomor 46 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Daerah Jogja Smart Province 2019-2023.

Rencana Aksi Daerah tersebut, disusun berlandaskan nilai kearifan lokal Hamemayu Hayuning Bawana.. Sedangkan yang menjadi ruang lingkupnya adalah Pemerintahan Cerdas, Kebudayaan Cerdas, Lingkungan Cerdas, Kehidupan Cerdas dan Masyarakat Cerdas.

Selanjutnya, berpegang pada Visi Misi Gubernur Tahun 2023-2027, program yang kini dikenal dengan sebutan Jogja Smart Province (JSP), akan dilanjutkan dengan percepatan transformasi spasial atau model transformasi kelembagaan dengan pemanfaatan teknologi informasi, dimana nilai harmonisasi manusia dengan teknologi sebagai fokusnya.

Hingga tahun 2023, capaian JSP dari sisi tata kelola pemerintahan antara lain terwujudnya Data Center yang tersertifikasi, terwujudnya Security Operation Center, terbentuknya Jaringan Intra Pemerintah Daerah, dan inovasi layanan publik terintegrasi. Hal ini berdampak pada kualitas tata kelola pemerintahan yang tercermin dari capaian Indeks Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (AA), Indeks Reformasi Birokrasi (A), Keterbukaan Informasi Publik pada klaster Informatif, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada kategori Baik, Indeks Keamanan Informasi terbaik se-Indonesia, dan Elektronifikasi Transaksi Keuangan Pemda (98,4%).

Dari sisi masyarakat, pembangunan ekosistem Jogja Smart Province memberikan dampak perbaikan pencapaian? Indeks Pembangunan Manusia (80,64), Indeks Demokrasi Indonesia (85,62), dan Indeks Literasi (3,71).

Capaian lain, yang bagi saya terasa membanggakan, adalah terpilihnya DIY sebagai salah satu daerah pilot project Smart Province tahun 2023, yang ditindaklanjuti dengan penandatanganan Nota Kesepakatan, antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI dengan Pemda DIY pada bulan Februari lalu, tentang Implementasi Gerakan Menuju Provinsi Cerdas (Smart Province) DIY Tahun 2023.

Terpilihnya DIY sebagai pilot project nasional implementasi Smart Province menjadi tantangan tersendiri bagaimana kolaborasi dan integrasi yang sudah dirintis pada fase 1 Jogja Smart Province terus dilanjutkan dengan penekanan bagaimana melakukan harmonisasi antara teknologi dengan masyarakat DIY melalui dukungan semua pihak (stakeholder).

?

Hadirin yang saya hormati,

Dalam perjalanan implementasi JSP selama ini, satu hal yang saya sadari betul adalah, bahwa keberhasilannya sangat membutuhkan dukungan dan komitmen bersama dari seluruh pemangku kepentingan, terutama Pemerintah DIY, Pemerintah Kabupaten dan Kota se-DIY, akademisi, pelaku usaha dan media; bahwa komunikasi, kolaborasi, dan sinergi yang didukung oleh sebuah navigasi yang tepat, merupakan hal yang niscaya. Pemda DIY masih menyisakan pekerjaan rumah besar terkait dengan penanggulangan kemiskinan, stunting, isu-isu strategis lain terkait lingkungan, transportasi, kesehatan dan pendidikan.

Dengan JSP diharapkan muncul inisiasi baru berupa solusi-solusi indikatif untuk menyelesaikan permasalah di atas dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang merata kualitasnya untuk seluruh masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sehingga, melalui momentum ini, diharapkan untuk mempertegas rencana aksi nyata, dengan setidaknya menyusun prosedur pelayanan yang akomodatif terhadap kebutuhan masyarakat.

Dan menghadapi era banjir informasi, akan menjadi bijak kiranya, apabila kelompok kerja JSP juga meningkatkan edukasi literasi media kepada masyarakat. Minimal, masyarakat harus dibekali dengan skill mencari informasi dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, mengekstraksi informasi secara bijak, dan memanfaatkan informasi tersebut untuk peningkatan kualitas hidupnya.

Berangkat dari pemahaman tersebut, saya mewakili Pemerintah Daerah DIY, menyambut baik dan mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Provinsi Cerdas hari ini.

Tentu merupakan harapan kita bersama, bahwa kegiatan yang merupakan perwujudan dari komunikasi, kolaborasi, serta sinergi ini, dapat berjalan dengan lancar, dan sukses, dalam menghantarkan DIY untuk lebih dekat dengan esensi JSP: ?Mengembangkan dan mengelola berbagai sumber daya secara efektif dan efisien, untuk menyelesaikan berbagai tantangan daerah, melalui inovasi terpadu dan berkelanjutan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat?.

Teriring dengan harapan yang sama, saya ucapkan selamat kepada elemen Gugus Tugas Smart Province, yang hari ini telah diresmikan. Selamat menjalankan tugas, dalam skema besar Transformasi Digital Nasional menuju Indonesia yang lebih baik: Dari Jogja, untuk Indonesia.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.,




Yogyakarta, 12 Juli 2023