BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan RAPAT KERJA NASIONAL GABUNGAN PENGUSAHA NASIONAL ANGKUTAN SUNGAI, DANAU DAN PENYEBERANGAN (

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam damai sejahtera bagi kita semua


Yang saya hormati :

  • Ketua Umum, Pengurus dan Anggota GAPASDAP, serta;

  • Hadirin sekalian yang berbahagia


Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat hadir dalam acara Rakernas GAPASDAP II, dalam Periode Kepengurusan? Tahun 2021-2026, dalam keadaan sehat, tanpa kurang suatu apapun.


Hadirin sekalian,

Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak sungai, danau dan laut yang memainkan peran penting dalam transportasi dan perdagangan. Atas potensi tersebut, angkutan sungai, danau dan penyeberangan menjadi sarana transportasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh transportasi darat.


Di masa depan, angkutan sungai, danau, dan penyeberangan memiliki potensi besar untuk mendukung pengembangan wilayah dan multimoda di Indonesia. Peran sebagai penyambung moda, jelas akan semakin signifikan, seiring penguatan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat menuju entitas produktif.


Adapun beberapa tantangan yang akan dihadapi dan mulai dipersiapkan sejak sekarang, adalah sebagai berikut:

  1. Tantangan infrastruktur dan aksesibilitas

Infrastruktur yang belum memadai dan aksesibilitas yang sulit, masih menjadi tantangan dalam pengembangan sektor angkutan sungai, danau, dan penyeberangan. Solusinya adalah, membuka keran investasi dalam infrastruktur dan teknologi yang memadai, serta inovasi dalam pengembangan sektor ini.


  1. Perubahan iklim dan lingkungan

Perubahan iklim dan lingkungan juga dapat mempengaruhi pengembangan angkutan sungai, danau, dan penyeberangan di masa depan. Perubahan cuaca ekstrem dan peningkatan tingkat air dapat mempengaruhi operasionalisasi angkutan.


  1. Persaingan dengan moda transportasi lain

Angkutan sungai, danau, dan penyeberangan harus bersaing dengan moda transportasi lain seperti transportasi darat dan udara. Persaingan ini dapat mempengaruhi jumlah penumpang dan ketersediaan angkutan sungai, danau, dan penyeberangan di suatu daerah.

Untuk itu, dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut, diperlukan kolaborasi antara pemerintah, pengusaha, dan masyarakat dalam mengembangkan sektor angkutan sungai, danau, dan penyeberangan di Indonesia. Dengan kolaborasi, GAPASDAP akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.


Saya optimis, bahwa Rapat Kerja Nasional ini, dapat menjadi momentum terbaik bagi GAPASDAP untuk mempersiapkan berbagai rencana kerja, sekaligus menjaring masukan, seiring berbagi pemikiran konstruktif diantara para anggotanya.


Hadirin sekalian,

Dengan harapan seperti itulah, Saya mengucapkan Selamat Datang di Yogyakarta, seiring menyambut baik penyelenggaraan Rakernas GAPASDAP II, dalam Periode Kepengurusan? Tahun 2021-2026 ini. Akhir kata, ? Selamat mengikuti Rakernas! Semoga seluruh agenda kegiatan dapat berjalan kondusif, serta mencapai target yang sudah direncanakan.


Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Yogyakarta, 12 Juli 2023