BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENYERAHAN DAN PEMBERIAN NAMA HIBAH GAMELAN PERUNGGU GAGRAK YOGYAKARTA KEPADA KEMPALAN KELU

Assalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua.


Yang saya hormati Gubernur Kalimantan Selatan, Ketua KEJOGJA KALSEL dan seluruh warga Jogja yang ada di Kalimantan Selatan.


Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat-Nya pada hari ini kita dapat hadir pada acara Penyerahan Hibah Gamelan Gagrak Yogyakarta dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun.


Hadirin sekalian,


Gamelan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO pada 15 Desember 2021. Artinya, eksistensi dan nilai filosofi gamelan telah diakui oleh dunia. Untuk itu, pelestarian gamelan menjadi tanggung jawab kita bersama.


Hibah Gamelan Gagrak Yogyakarta ini, merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta kepada paguyuban Kempalan Keluarga Jogja di Kalimantan Selatan (KEJOGJA KALSEL), atas komitmen dan upayanya melestarikan budaya ke-Yogya-an di Bumi Lambung Mangkurat.


Hibah gamelan, juga menjadi wujud apresiasi kepada komunitas KEJOGJA KALSEL, yang turut aktif dalam pembinaan karawitan, baik untuk warga Jogja di Kalimantan Selatan, maupun masyarakat pada umumnya.


Harapannya, hibah gamelan dapat mendukung pengembangan dan pelestarian budaya Jogja khususnya, serta kesenian karawitan di Kalimantan Selatan. Saya berpesan, agar hibah gamelan ini dirawat dan diberdayakan, agar memberikan manfaat bagi generasi yang akan datang.


Hadirin sekalian,


Nama Banjararum, dipilih dengan merujuk pada nama kota Banjarmasin, sebagai episentrum Kalimantan Selatan. Banjararum diambil dari kata ?banjar? dan ?arum?, yang bermakna taman yang harum.


Nama ini sekaligus menjadi doa dan harapan, agar perangkat gamelan ini dapat menjadi sarana untuk mengharumkan nama Jogja di Kalimantan Selatan, seiring sinergisitas antara kedua entitas tersebut.


Akhir kata, dengan harapan itulah saya mengiringi penyerahan hibah gamelan pada hari ini. Semoga, gamelan Banjararum, dapat turut mewarnai kekayaan khazanah budaya bumi Kalimantan dan Nusantara.


Terima kasih.


Wassalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

?

Kalimantan Selatan, 21 Juli 2023