BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENGUKUHAN SEKRETARIAT BERSAMA SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA (SPAB) DIY DAN PELUNCURAN PE

Assalamu?alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sehat sejahtera bagi kita semua.


Yang saya hormati:

  • Direktur Eksekutif Plan Indonesia;

  • Perwakilan OPD terkait;

  • Jajaran Pengurus Sekretariat Bersama SPAB DIY;

  • Perwakilan Satuan Pendidikan di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY;


Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat-Nya kita dapat hadir pada acara hari ini dalam keadaan sehat.


Hadirin sekalian,

Sekretariat Bersama Satuan Pendidikan Aman Bencana (Sekber SPAB) yang akan dikukuhkan hari ini, merupakan tindak lanjut dari Peraturan Gubernur Nomor 110 Tahun 2021 tentang Pedoman Pendidikan Aman Bencana pada Satuan Pendidikan.


Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Sekber SPAB harus bersinergi dengan pihak-pihak terkait. Sehingga, tujuan pemenuhan hak anak-anak usia sekolah untuk mendapatkan perlindungan dari ancaman bencana dapat terwujud.


Selain itu, saya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY dan Plan Indonesia atas disusunnya Peta Jalan SPAB dan Buku Suplemen SPAB DIY.


Melalui Peta Jalan dan Buku Suplemen SPAB ini, diharapkan dapat memperkuat kerja sama dan sinergi antara perangkat daerah di DIY maupun lintas level pemerintahan serta pelibatan pihak di luar pemerintah untuk menjalankan program Satuan Pendidikan Aman Bencana. Kami percaya bahwa metode inklusif dan kolaboratif akan menjadi kunci keberhasilan program ini sebagai pengejawantahan spirit golong gilig saiyeg saeka kapti.


Program Satuan Pendidikan Aman Bencana ini juga harus berjalan selaras dan terintegrasi dengan Program Sekolah Ramah Anak, maupun Program Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas melalui keberadaan Kalurahan dan Kelurahan Tangguh Bencana yang telah dibentuk di seluruh DIY.


Saya harap Peta Jalan dan Buku Suplemen SPAB DIY ini dapat menjadi acuan bagi seluruh stakeholder untuk mempercepat pembentukan dan pengembangan Satuan Pendidikan Amar Bencana di DIY.

Terakhir, saya ucapkan selamat atas dikukuhnya Sekretariat Bersama SPAB DIY dan diluncurkannya Peta Jalan SPAB dan buku suplemen SPAB DIY. Mari kita bersama-sama menjalankan program ini dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab untuk melindungi anak-anak DIY dari ancaman bencana.

Terima kasih.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

?

Yogyakarta, 21 Juli 2023