BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan RAPAT KERJA TAHUNAN ORGANISASI/ SIDANG PARIPURNA PENGURUS PUSAT PERSATUAN RADIO SIARAN S

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam damai sejahtera bagi kita semua



Yang saya hormati:


  • Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan? Radio? Siaran Swasta? Nasional ? Indonesia beserta seluruh jajarannya;

  • Para hadirin, khususnya anggota PRSSNI yang berbahagia.


Mengawali sambutan ini, perkenankanlah saya mengucapkan ?Selamat datang di Yogyakarta?, seiring agenda Rapat Kerja Tahunan Organisasi/Sidang Paripurna Pengurus Pusat PRSSNI (Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia).


Agenda ini juga dapat dijadikan sebagai sebuah perayaan, sekaligus ucap puji syukur, bahwasanya, kita hadir bersama pada hari ini, untuk mengakui dan merayakan peran yang luar biasa dari industri radio, dalam memberikan kontribusi bagi masyarakat.



Hadirin sekalian,


Pandemi Covid-19, telah menjadi ujian sekaligus pembuktian bagi industri radio, bahwa medium ini masih relevan dan berdaya guna. Radio, sebagai salah satu media strategis, tetap mampu memberikan layanan promosi dan penyebarluasan informasi yang sangat berarti bagi masyarakat, terutama dalam situasi krisis dan tantangan yang berat. Bukti nyata inilah, yang menegaskan pentingnya radio, sebagai jembatan antara masyarakat dan berbagai informasi penting.


Selama masa pandemi, industri radio telah menunjukkan kemampuannya untuk beradaptasi dengan era digital. Perubahan ini tidak hanya berfokus pada media on-air, tetapi juga merambah ke media online. Konvergensi antara media radio dan media digital, menjadi fenomena menarik yang mengintegrasikan pendistribusian konten, dan mengoptimalkan keunggulan masing-masing media. Kini, media radio tidak hanya bersifat audible, tetapi juga memanfaatkan aspek visual sebagai isi dan medium penyebaran informasi, sejalan dengan perkembangan media sosial, seperti Instagram dan TikTok yang sangat berbasis audio visual.


Disrupsi yang terjadi ini menuntut kita untuk terus beradaptasi dan inovatif. Ke depannya, peralihan ke siaran digital, dengan pemanfaatan simulcast akan menggantikan siaran analog berbasis frekuensi AM/FM. Dengan elaborasi media konvensional dan media baru, industri media akan semakin bersaing dalam kreativitas dan inovasi. Konten yang menarik dan cara promosi yang inovatif, menjadi kunci untuk memikat perhatian pamiarsa.


Untuk itu, dalam upaya mencapai kesuksesan ini, penting bagi industri radio untuk tetap mengutamakan nilai lokalitas. Meskipun beradaptasi dengan media dan pengaruh dari luar, radio tetap harus memperkuat dan mengembangkan keunikan lokalnya. Mengenal target pendengar dengan baik dan mendalam, serta menghadirkan konten yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan minat dan fokus segmentasi, adalah langkah-langkah penting yang harus dilakukan. Teknologi digital akan menjadi sekutu yang kuat dalam memperoleh data dan wawasan penting mengenai pendengar, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan dan mengoptimalkan interaksi dengan audiens.



Hadirin sekalian,


Di tengah dinamika industri media yang semakin kompleks, tuntutan akan integritas dan objektivitas sebagai media penyiaran publik yang terpercaya, tetap harus menjadi poin utama. Melalui kolaborasi yang kuat, kita dapat mendorong media radio untuk terus berada di garda terdepan, menjadi cermin masyarakat, dan menyampaikan informasi yang akurat dan berdampak positif bagi kita semua.


Bertolak dari upaya itu, marilah kita satukan tekad dan semangat untuk terus berinovasi, beradaptasi dengan perubahan, dan menghadirkan layanan terbaik bagi masyarakat. Dengan terus memegang teguh nilai-nilai integritas dan objektivitas, industri radio akan terus menjadi mitra setia dan penyokong dalam membangun bangsa dan masyarakat yang lebih baik.


Akhir kata, dengan disertai rasa syukur dan memohon ridho Allah SWT, seraya mengucap? ?Bismillahirrahmanirrahim?, Rapat Kerja Tahunan? Organisasi/ Sidang Paripurna Pengurus Pusat Persatuan? Radio? Siaran Swasta? Nasional ? Indonesia, secara resmi Saya nyatakan dibuka. Selamat melaksanakan Rapat Kerja diiringi diskusi dan berbagai evaluasi, demi eksistensi radio swasta di tanah air. Dan semoga-lah kedamaian, keberkahan, dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa menyertai kita semua.


Terima kasih

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.



Yogyakarta, 21 Juli 2023