BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PERESMIAN PENDOPO TULUNGO

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam damai sejahtera bagi kita semua



Yang saya hormati:


  • Bupati Bantul atau yang mewakili;

  • Ibu Soimah Poncowati;

  • Para seniman dan budayawan;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.





Sebagai warga Daerah Istimewa Yogyakarta, yang memiliki kecintaan mendalam terhadap seni dan budaya tradisional, sosok Soimah Poncowati membawa visi dan misi yang luar biasa dengan mendirikan Pendopo Tulungo. Inisiatifnya, telah membantu mengembangkan, melestarikan, dan memperkuat identitas budaya kita, yang kaya dan mempesona ini.

Bagi saya, Pendopo Tulungo bukanlah sekadar bangunan fisik, tetapi juga sebuah wadah kreatifitas dalam basis-basis budaya. Di sinilah, berbagai kesenian tradisional dari generasi ke generasi,? akan terus dipersembahkan dan diperkaya, agar pesona budaya kita tetap hidup dan berkembang seiring waktu. Dengan adanya Pendopo Tulungo, kita juga akan memiliki ruang publik kesenian, yang memungkinkan lebih banyak acara budaya dan seni digelar di kawasan ini.

Bertolak dari hal itulah, acara peresmian ini adalah momen yang bersejarah dan menandai langkah maju dalam pelestarian dan pengembangan kesenian di Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga, Pendopo Tulungo, dapat menjadi tempat inspirasi bagi para seniman muda untuk mengeksplorasi dan memperkaya seni tradisi, serta menjadi tujuan bagi para penikmat seni untuk menikmati keindahan budaya.

Sekali lagi, saya mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Soimah Poncowati, atas dedikasinya yang luar biasa, dalam memperjuangkan keberlanjutan budaya dan seni di Yogyakarta. Ucapan terima kasih yang sama, juga saya ucapkan kepada para seniman dan budayawan yang hadir dalam acara peresmian ini, dan senantiasa mendukung pengembangan seni budaya di DIY. Semoga upaya dan semangat nguri-uri kabudayan senantiasa tersemat dalam diri kita semua.

Akhir kata, dengan disertai rasa syukur memohon ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, dan mengucap ?Bismillaahirrahmaanirrahiim?, Pendopo Tulungo Saya resmikan penggunaannya.

Terima kasih.

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.



Yogyakarta,? 26 Juli 2023