BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan FESTIVAL KIHAJAR DAN LITERASI TIK TAHUN 2023

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang saya hormati:

  • Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga,

  • Para peserta,

  • Para Tamu Undangan, dan Saudara-saudara sekalian.


Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal?afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.


Hadirin sekalian,

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah dunia, dengan cara yang tak terbayangkan sebelumnya. Bidang pendidikan, pada akhirnya juga menjadi salah satu elemen yang paling terpengaruh.

Kita bisa melihat, bagaimana teknologi informasi telah meningkatkan melek dan cakap informasi di berbagai tingkatan. Koneksi internet dan perangkat teknologi, telah memudahkan akses ke berbagai sumber belajar. Buku, artikel, jurnal ilmiah, dan materi pembelajaran yang berharga, dapat diakses dengan cepat dan mudah, menghapuskan batasan geografis dan menyediakan pengetahuan yang berlimpah di ujung jari kita.

Selain itu, teknologi informasi juga telah menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Aplikasi pendidikan, platform pembelajaran daring, dan teknologi realitas virtual, telah memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan mendalam. Visualisasi yang menarik, simulasi, dan interaksi langsung, telah memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan memikat.

Kedepan, para pelajar bahkan dapat merancang kurikulum pribadi mereka, memilih sumber belajar sesuai minat dan kebutuhan mereka, dan mengatur waktu belajar mereka secara fleksibel. Dengan dukungan teknologi, proses belajar menjadi lebih personal dan individual.

Dengan perkembangan teknologi seperti itu, sejatinya, teknologi informasi telah menjadi pilar utama, untuk mendorong upaya menuju tataran Merdeka Belajar.

Meski begitu, perlu diingat, bahwa implementasi teknologi informasi bukanlah tujuan akhir. Teknologi adalah semata alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih besar. Penting bagi kita, untuk tetap berfokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Demikian pula, penguatan literasi media harus semakin digencarkan, seiring membanjirnya informasi di dunia digital.

Tak kalah penting, pendidikan karakter-pun harus tetap diperkuat. Setiap jenjang pendidikan, adalah alat terbaik untuk membentuk sifat-sifat moral, etika, dan nilai-nilai positif pada individu. Dengan pendidikan karakter yang tepat, akan tercipta warga negara yang berkepribadian baik dan berintegritas, sehingga pada akhirnya, mereka dapat berkontribusi positif bagi masyarakat, dan berperan aktif dalam membangun kesejahteraan yang lebih baik.


Hadirin sekalian,

Festival Kihajar dan Literasi TIK Tahun 2023 menjadi salah satu upaya nyata Pemerintah Daerah DIY, untuk mengedukasi dan mendorong peningkatan kemampuan akademik dan profesional pada pendidik dan siswa.

Saya mengapresiasi antusiasme saudara semua untuk ambil bagian dalam perhelatan ini. Terima kasih, karena telah bersedia untuk terus belajar sekaligus berkarya.

Mari pastikan, seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan membawa manfaat positif bagi kita semua.

Akhirnya, teriring Bismillaahirrahmaanirrahiim, Festival Kihajar dan Literasi TIK Tahun 2023, saya nyatakan resmi dibuka.

Terima kasih.


Wassalamualaikum Wr. Wb.,

?

Yogyakarta, 27 Juli 2023