BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan KICK-OFF KADIN CAPACITY DEVELOPMENT

Assalamu?alaikum wr. wb.

Salam sehat sejahtera bagi kita semua,



Yang saya hormati:


  • Ketua Umum KADIN Indonesia atau yang mewakili;

  • Ketua KADIN DIY beserta seluruh jajaran pengurus;

  • Perwakilan dari GIZ;

  • Perwakilan dari Kadin Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur;

  • Tamu undangan dan hadirin sekalian.

Marilah kita bersama-sama mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, seiring menyambut acara hari ini dengan penuh semangat dan optimisme, dalam rangka? memperkuat? peran dunia industri terhadap pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi.


Saya memandang, pengembangan kapasitas yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri DIY ini, merupakan langkah maju dan penting, dalam memperkuat konektivitas antara dunia industri dan pendidikan vokasi.



Hadirin sekalian,


Pendidikan vokasi memiliki peran sentral,? dalam membentuk tenaga kerja yang kompeten dan siap menghadapi tantangan zaman. Saya percaya, bahwa pendidikan vokasi yang berkualitas, akan membuka peluang besar bagi generasi masa depan, untuk berkontribusi secara aktif dalam kemajuan dunia industri.


Namun, upaya ini tidak dapat terwujud dengan sendirinya. Diperlukan kolaborasi yang erat, antara dunia pendidikan dan dunia industri, untuk mencapai visi dan misi yang kita impikan.

Kehadiran dunia industri menjadi kunci penting, dalam menyelaraskan kebutuhan tenaga kerja industri, dengan kurikulum pendidikan vokasi. Dengan sinergi yang kuat antara kedua belah pihak, kita dapat menciptakan program pendidikan vokasi yang relevan, responsif, dan berdaya saing tinggi.


Pengembangan kapasitas pada hari ini, juga menggarisbawahi pentingnya kesiapan peserta didik untuk menghadapi persaingan global dan perkembangan teknologi.


Oleh karena itu, melalui acara ini, kita akan mendapatkan wawasan berharga tentang kebutuhan nyata industri, memahami ekspektasi perusahaan terhadap lulusan pendidikan vokasi, dan bagaimana pendidikan vokasi dapat beradaptasi dengan cepat seiring perubahan yang terjadi.


Dengan persepsi dan harapan seperti itulah, saya mengapresiasi acara ini, seiring ucapan selamat datang di Yogyakarta, kepada rekan-rekan dari KADIN Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.


Akhir kata, seraya mengucap Bismillahirrahmanirrahim, maka dengan ini, Kick-Off KADIN Capacity Development saya nyatakan dibuka secara resmi, agar diberikan kelancaran, dan mencapai sukses yang diharapkan.


Sekian, terima kasih.

Wassalamu?alaikum wr. wb.



Royal Ambarukmo, 28 Juli 2023