BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan PENYERAHAN SK PENSIUN PNS CALON PURNA TUGAS PERIODE JULI-DESEMBER 2023

Assalamu?alaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua.


Yang Saya hormati:

  • Ketua Komisi A DPRD DIY;

  • Kepala Kantor Regional 1 Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta;

  • Kepala PT. Taspen Cabang Yogyakarta;

  • Direktur Bank BPD DIY;

  • Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah DIY;

  • Para Hadirin khususnya para PNS Calon Purna Tugas yang saya harap senantiasa berbahagia.

Marilah kita lebih bersyukur atas rahmat-Nya, bahwasanya, kita masih bisa bertatap pandang dan ber-silaturahim dalam keadaan sehat-walafiat, untuk mengikuti acara Penyerahan SK Pensiun PNS Calon Purna Tugas, Periode Juli-Desember Tahun 2023.


Dan menjadi tepat kiranya, pada kesempatan ini, atas nama Pemerintah Daerah DIY, Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ibu dan Saudara Penerima SK Pensiun PNS sekalian, seiring ucap, selamat memasuki masa purna tugas pengabdian kepada negara.


Mengapa saya ucapkan ?selamat?? Karena sejatinya, di balik itu, akan menjadi ?berkah?. Bahwa ada ?awal?, tentu ada ?akhir?. Ada saatnya kita bekerja bersama, tapi ada saatnya pula untuk berpisah, bukan dalam konteks silaturahim dan persaudaraan, tapi dari birokrasi pemerintahan.


Dan sudah selayaknya pula, masa pensiun harus disambut dengan sikap positif dan sumeleh. Sikap sumeleh dan sehat jasmani-rohani merupakan bekal yang sangat penting dan bermanfaat, untuk memasuki masa pengabdian ?kedua?, dengan memberikan sesuatu yang bermakna.


Pengabdian kedua ini tidak saja berlaku bagi diri sendiri, namun juga bagi keluarga, atau masyarakat di sekitar kita, berlandaskan moralitas ?Anggegayuh Kaluhuran, Lire Ngupaya Tataraning Urip Kang Luwih Dhuwur?, menjadi insan berbudi dalam taraf pemikiran yang lebih matang.



Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,


Semoga masa pensiun ini, dapat dinikmati dengan penuh kebahagiaan dan rasa syukur, karena akan lebih banyak waktu bersama keluarga. Saya juga mengungkapkan rasa terima kasih, disertai penghargaan atas pengabdian dan loyalitas yang telah Saudara-saudara berikan, selama menjalankan tugas pemerintahan dan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Daerah DIY.


Andaipun selama ini dirasa Pemda DIY belum cukup memberikan apresiasi yang sepadan, apakah berupa penghargaan dan fasilitas atau kesejahteraan, tentu semua harus dipermaklumkan. Karena sejak pertama diangkat sebagai PNS, sampai pada akhir masa jabatan saat ini, tentu harus disadari akan segala keterbatasan yang ada.


Untuk itu, saya berharap semoga segala bentuk bakti kepada negara selama bertugas, dapatlah menjadi memorabilia kebanggaan dan kebahagiaan, ?Ngudi Laku Utama, Kanthi Sentosaning Budi?.


Akhir kata, demikianlah yang dapat saya sampaikan. Marilah kita saling mendoakan, semoga senantiasa memperoleh ridha Allah SWT, sehingga dapat mengisi kehidupan dengan nilai-nilai kebaikan, ?Cipta Wening, Cipta Mandulu, Cipta Dadi?.


Terima kasih.

Wassalamu?alaikum Wr. Wb.



Yogyakarta, 27 Juli 2023