BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan FESTIVAL KEWIRAUSAHAAN ASTRA 2023

Assalamualaikum Wr., Wb.,

Salam Damai Sejahtera bagi Kita Semua.


Yang saya hormati:

  • Wakil Menteri Perdagangan RI, Bapak Jerry Sambuaga;

  • Chief of Corporate Affairs ASTRA;

  • Para tamu undangan serta hadirin sekalian


Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat-Nya kita berkesempatan hadir mengikuti acara Festival Kewirausahaan ASTRA 2023 dalam keadaan sehat.


Hadirin sekalian,


Terbitnya Perpres No 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024 menjadi pedoman bagi pemerintah daerah untuk melakukan pengembangan kewirausahaan nasional. Perpres ini menjadi pedoman bagi pemerintah daerah untuk mendorong tumbuhnya wirausahawan baru.


Pemda DIY melalui Dinas Koperasi dan UKM DIY memiliki platform SiBakul telah aktif melakukan pendampingan wirausaha. Selain itu, Pemda DIY melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY juga memiliki program Momenku Berkemas atau Model Manajemen Kelompok Usaha Siswa Partisipasi Berantas Kemiskinan Masyarakat bagi peserta didik SMK untuk mengikuti pendidikan bisnis dan mendorong mereka menjadi wirausaha belia.


Bermodal semangat untuk maju dan berkembang dengan rajin mengikuti pelatihan dan pameran, saya optimis UMKM semakin berkembang dan naik kelas.


Hadirin sekalian,


Saya mengapresiasi langkah strategis yang dilakukan ASTRA melalui kegiatan Festival Kewirausahaan ASTRA 2023. Sebab, untuk mempercepat penumbuhan dan rasio kewirausahaan, pemerintah dan swasta harus bersinergi dan berkolaborasi.


Saya berharap, dengan upaya-upaya yang kita lakukan dapat membantu mengejar ketertinggalan jumlah wirausaha di Indonesia. Sehingga, struktur ekonomi nasional lebih kuat.


Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhai langkah dan upaya kita untuk mendorong percepatan tumbuhnya wirausaha di tanah air.


Terima kasih.


Wassalamualaikum Wr., Wb.,

?

Bantul, 29 Juli 2023