BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan FESTIVAL MALUKU UTARA TAHUN 2023

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang saya hormati:

Para tokoh masyarakat dan warga Maluku Utara di Yogyakarta serta hadirin dan tamu undangan.


Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita semua masih diberi kesempatan untuk dapat hadir di sini dalam keadaan sehat wal?afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

Saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, menyambut baik diselenggarakannya Festival Maluku Utara 2023, yang mengangkat tema ?Maluku Utara Dalam Tubuh Sejarah?.

Hadirin sekalian,

Festival, apabila dikemas dengan baik, sejatinya merupakan kegiatan yang di saat bersamaan mengusung banyak fungsi. Selain merupakan alternatif hiburan, kegiatan festival juga merupakan wadah pembelajaran dan penyampaian informasi, media komunikasi dan diskusi, sarana promosi dan pencitraan, hingga pendorong roda perekonomian. Festival, adalah kegiatan yang dapat menguntungkan semua pihak, mulai dari penyelenggara, objek yang diangkat ke dalam tema, maupun kelompok sasaran.

Sehubungan dengan hal tersebut, atas nama Pemerintah Daerah DIY, saya menyampaikan apresiasi kepada organisasi kedaerahan dari 10 Kabupaten/Kota Provinsi Maluku Utara, dan juga kepada pihak-pihak lain yang turut membantu, sehingga perhelatan ini memungkinkan untuk terlaksana.

Tentu merupakan harapan kita bersama, bahwa Festival Maluku Utara 2023 yang diselenggarakan di Yogyakarta ini, dapat memenuhi seluruh aspek fungsi seperti yang telah saya singgung tadi. Terutama, bagaimana agar perhelatan ini dapat semakin membuka mata masyarakat DIY mengenai ?kekayaan?, ?warisan?, serta kontribusi Maluku Utara di masa lalu, sekarang, dan akan datang, bagi Indonesia.

Dan yang tidak kalah penting, bagaimana agar festival ini dapat mempererat komunikasi, interaksi, dan hubungan baik, antara warga DIY dan daerah lainnya dengan saudara-saudara kami yang berasal dari Maluku. Sebab bagaimanapun juga, selama kaki kita sama-sama masih berpijak di tanah DIY, kita semua adalah saudara yang senasib dan sepenanggungan.

Akhirnya, mari kita semua pastikan, bahwa seluruh rangkaian agenda dapat berjalan dengan kondusif serta lancar, dan dapat sukses membawa hasil dan manfaat sesuai dengan harapan.

Sekian dan terima kasih.



Wassalamualaikum Wr. Wb.,

?

Yogyakarta, 01 Agustus 2023