BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan GALA DINNER ASEAN REGIONAL DISASTER EMERGENCY RESPONSE SIMULATION EXERCISE 2023

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang saya hormati:

  • Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana beserta jajarannya;

  • Para peserta ASEAN Regional Disaster Emergency Response Simulation Exercise;

  • Hadirin serta Tamu Undangan sekalian;



Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita semua masih diberi kesempatan untuk dapat hadir di sini dalam keadaan sehat wal'afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.


Hadirin sekalian,

Sebagaimana tentu sudah diketahui bersama, eksistensi serta potensi bencana sesar Opak baru mendapat perhatian serius pasca terjadinya gempa bumi di bulan Mei Tahun 2006.? Bagi kami Pemerintah Daerah, peristiwa 2006 adalah a lesson learned the hard way, antara lain mengenai: pertama, betapa pentingnya mempelajari dan mengindahkan catatan maupun bukti sejarah. Kedua, betapa mitigasi bencana perlu dipandang sebagai sebuah investasi yang sangat berharga. Dan yang ketiga, bahwa saat berbicara tentang mitigasi, berarti dalam satu tarikan nafas yang sama, kita pun harus berbicara tentang komunikasi, kolaborasi, dan sinergi.

Sehingga, pada kesempatan yang baik ini, perkenankan saya sekali lagi menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih, sebab DIY dipercaya untuk mewakili Indonesia, sebagai tuan rumah penyelenggaraan ARDEX 2023. Bagi kami, ini tidak saja merupakan sebuah kehormatan, melainkan juga sebuah kesempatan yang sangat berharga: untuk dapat secara langsung berdiskusi, berbagi pengalaman, dan bertukar ilmu dengan negara-negara lain di tingkat ASEAN, berkaitan dengan mitigasi dan aksi penanganan darurat bencana gempa bumi. Ini juga kesempatan bagi kami untuk melakukan evaluasi, sehingga kedepannya dapat memberi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.


Hadirin yang saya hormati,

Jamuan makan malam ini, terlepas dari kebersahajaan dan segala keterbatasannya, adalah wujud konkrit apresiasi dan rasa terima kasih kami selaku tuan rumah, kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan ARDEX 2023. Kiranya saudara-saudara semua dapat berkenan dengan apa yang telah dipersiapkan, dan dapat menangkap pesan positif yang ingin kami sampaikan.

Sekian dan terima kasih.


Wassalamualaikum Wr. Wb.,

?

Yogyakarta, 03 Agustus 2023