BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sambutan GLADIAN DIY 2023

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam Damai Sejahtera Bagi Kita Semua,


Yang saya hormati:?Keluarga besar Sekber Perhimpunan Pecinta Alam PPA DIY, Para Tamu Undangan, dan Saudara sekalian.


Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena kita semua masih diperkenankan untuk hadir di sini dalam keadaan sehat wal'afiat, tanpa kekurangan suatu apapun.

Pada kesempatan yang baik ini, saya, atas nama Pemerintah Daerah DIY, pertama-tama menyampaikan apresiasi kepada Sekretariat Bersama Perhimpunan Pecinta Alam DIY (Sekber PPA) DIY, yang hingga kini masih konsisten dengan visi misi sebagai sebuah wadah pemersatu, sekaligus sebagai media informasi, komunikasi, dan koordinasi Organisasi Pecinta Alam (OPA) se-DIY.


Hadirin sekalian,

Sebuah komunitas, apapun itu bentuknya, pada awalnya lahir untuk menjawab kebutuhan sekelompok orang pada suatu masa. Orang-orang tersebut percaya, bahwa dengan bergabung dalam satu wadah, maka apa yang menjadi tujuan bersama dapat terwujud.

Dalam perjalannya, untuk dapat tetap eksis, penting bagi komunitas untuk tetap mempertahankan relevansinya: untuk dapat senantiasa membawa manfaat, baik bagi internal anggotanya maupun bagi lingkungan fisik dan sosialnya (eksternal).

Perlu saya sampaikan pula, bahwa dalam konteks berbangsa dan bernegara, setiap komunitas diharapkan dapat menjalankan fungsi partisipatif dan proaktif. Ini dapat berupa partisipasi konkret, misalnya bantuan materi, tenaga, dan keterampilan. Dapat pula berupa partisipasi abstrak, misalnya sumbangsih pemikiran, kegiatan sosial, dan keterlibatan dalam pengambilan keputusan.

Konsep ini merupakan modal penting bagi Indonesia masa lalu, masa kini, dan yang akan datang, dan secara kultural telah sejak lama hadir dalam wujud gotong-royong, yang di dalamnya ada kepedulian, tenggang rasa, dan kebersamaan.

Dalam konteks Sekber PPA, upaya menjaga? relevansi eksternal, berarti memastikan bagaimana agar seluruh OPA yang berada di bawah naungannya, dalam setiap gerak langkahnya dapat turut memberi kontribusi positif bagi alam: objek yang menjadi kecintaan bersama dan perlu dijaga bersama.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan Gladian 2023, yang intinya adalah tentang penelitian dan pengabdian: sebuah upaya nyata, untuk mempertahankan eksistensi dan relevansi seluruh komponen Sekber PPA DIY secara internal sekaligus secara eksternal.

Sehingga, mari pastikan, bahwa seluruh rangkaian kegiatan Gladian 2023 dapat berjalan dengan lancar, dan dapat sukses melahirkan output serta outcome sebagaimana yang diharapkan bersama.

Akhirnya, dengan semangat Migunani Tumraping Liyan, teriring Bismillahirrahmanirrahim, Gladian 2023, saya nyatakan resmi dibuka.

Sekian dan terima kasih.


Wassalamualaikum Wr. Wb.,

?

Yogyakarta, 06 Agustus 2023