BIRO UMUM HUMAS & PROTOKOL

SEKRETARIAT DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SAMBUTAN EKSPLORASI DAN PIPANISASI AIR OLEH UNIVERSITAS PERTAHANAN DI PASAR SIDOWAYAH, KALURAHAN W

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Sejahtera bagi kita semua,


Yang terhormat Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Bapak Prabowo Subianto,


Yang saya hormati:

  • Bupati Gunungkidul beserta jajarannya;

  • Rektor dan jajaran sivitas akademik Universitas Pertahanan;

  • Hadirin sekalian, khususnya para pedagang Pasar Sidowayah.



Pada kesempatan yang mulia ini, kita berjumpa dengan hati yang penuh sukacita untuk bersama-sama mengikuti peresmian eksplorasi dan pipanisasi air yang digagas dan dilaksanakan oleh Universitas Pertahanan di Pasar Sidowayah, Kalurahan Wareng, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan ini tidak hanya merupakan langkah maju dalam implementasi teknologi, tetapi juga sebuah tonggak penting dalam upaya untuk memajukan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini

Dalam era ketidakpastian iklim global dan perubahan lingkungan yang semakin cepat, ketersediaan air bersih menjadi suatu aspek krusial yang mempengaruhi kelangsungan hidup dan pertumbuhan suatu masyarakat. Sayangnya, tidak semua daerah memiliki akses mudah terhadap sumber air yang cukup dan berkualitas. Oleh karena itu, langkah-langkah inovatif seperti eksplorasi dan pipanisasi air menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa kita dapat menjaga ketersediaan air bersih bagi masyarakat kita.

Universitas Pertahanan telah memberikan teladan inspiratif dengan mengambil peran proaktif dalam mengatasi tantangan ini. Proyek eksplorasi dan pipanisasi air yang diresmikan hari ini, adalah contoh nyata komitmen universitas dalam menjalankan peran aktifnya dalam pengembangan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain mendukung kebutuhan sehari-hari, program ini juga akan membantu mengurangi beban yang selama ini ditanggung oleh masyarakat dalam mendapatkan air bersih.

Meski begitu, sebuah upaya besar seperti ini memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, saya mengajak semua elemen pemerintah dan masyarakat untuk turut serta dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Dukungan kita semua akan menjadikan proyek ini tidak hanya sukses, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang yang signifikan bagi daerah ini.


Hadirin yang saya hormati,

Dalam rangka menggalang dukungan, mari kita jadikan peresmian ini sebagai momen penting untuk merapatkan barisan. Mari kita bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas ini, serta berkolaborasi dalam pengembangan lebih lanjut untuk kepentingan bersama.

Dengan semangat gotong royong yang telah menjadi ciri khas bangsa kita, mari kita bergandengan tangan untuk memastikan keberlanjutan proyek ini dan memberikan dampak positif yang luas kepada masyarakat.

Atas berbagai upaya ini, ijinkanlah saya untuk mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kepada Bapak Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan jajaran sivitas akademik Universitas Pertahanan, serta semua pihak yang terlibat dalam proyek ini, serta kepada pemerintah dan masyarakat yang telah memberikan dukungan yang luar biasa.

Dengan harapan dan keyakinan seperti itulah, saya menyambut hangat kehadiran Bapak Menteri di Gunungkidul, seiring tekad dan semangat yang kita miliki. Insya Allah, eksplorasi dan pipanisasi air ini, akan menjadi langkah awal yang penuh harapan, untuk masa depan yang lebih baik dan lebih cerah bagi semua.

Terima kasih,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,



Gunungkidul, 9 Agustus 2023